Kurang Populer di Negaranya, Kapten Fiji Ingin Belajar Sepakbola dari Indonesia

Sabtu, 2 September 2017 13:33 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© sportstg
Timnas Fiji. Copyright: © sportstg
Timnas Fiji.

Timnas Fiji akan melakoni laga uji coba melawan tuan rumah Indonesia, Sabtu (02/09/17) di Stadion Patriot, Bekasi, sore ini. Kesempatan ini rupanya digunakan untuk menimba ilmu bagi para pemain Fiji.

Hal tersebut tak lepas dari olahraga sepakbola yang kurang dikenal di negara kawasan Oceania tersebut. Striker sekaligus kapten Timnas Fiji, Roy Krishna, menjelaskan kalau sepakbola belum begitu menyatu dengan masyarakat di negaranya.

Pasalnya masyarakat di sana lebih akrab dengan olahraga rugby. Oleh karenanya, mereka datang dengan misi untuk belajar sekaligus mencari pengalaman di Indonesia yang terkenal sangat menggilai sepakbola.

"Rugby merupakan olahraga paling populer di Fiji. Masyarakat di sana lebih senang bermain itu, tetapi sepakbola kami juga terus berkembang, dengan adanya pelatih baru serta perombakan di federasi kami," tutur Roy Krishna.

Dengan kunjungan dan laga uji coba di Indonesia, Krishna berharap rekan-rekannya memperoleh pengalaman yang banyak dan bisa menerapkan di negaranya. Jam terbang yang banyak tentu berbanding lurus dengan peningkatan kualitas pemain, apalagi saat ini Timnas Fiji dilatih oleh pelatih muda sarat pengalaman, Christophe Gamel.

"Saya harap dua atau tiga tahun ke depan, sepakbola Fiji terus berkembang. Kita selalu belajar, terutama dari Indoensia. Kami akan mempelajari permainan sehingga kualitas kami bisa terus meningkat," ujar pemain klub Wellington Phoenix FC itu.

© fijisun.com
Pelatih Timnas Fiji, Christophe Gamel. Copyright: fijisun.comPelatih Timnas Fiji, Christophe Gamel.

Untuk laga melawan Indonesia, Fiji dikabarkan memanggil 30 pemain dan empat di antaranya bermain di klub luar negeri. Mereka adalah Scott Wara yang bermain untuk tim U-18 klub Liga Primer Inggris, Stoke City, kemudian Sharma Shravan yang berkarier di klub di Liga Divisi Dua Selandia Baru, Mangere United (MU).

Selain Wara dan Shravan, dua pemain asal klub luar negeri lainnya yakni Krith Kumar dan Roy Krishna asal klub Franklin United dan Wellington Phoenix.

Setelah lawan Indonesia, Fiji juga dikabarkan akan melawan klub lokal yang merupakan peserta dari Liga 2, Cilegon United pada 4 September nanti. Hal itu terjadi usai Timnas Fiji batal bertanding dengan Persija Jakarta yang ingin fokus di Liga 1.

1.5K