Resmi Milik Spurs, Ini Respons Fans LGBT terhadap Aurier

Sabtu, 2 September 2017 23:30 WIB
Penulis: Frederica | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© AFP
Serge Aurier, pemain anyar Tottenham Hotspur. Copyright: © AFP
Serge Aurier, pemain anyar Tottenham Hotspur.

Tottenham Hotspur menutup proses transfer musim panas ini dengan mendatangkan Fernando Llorente dari Swansea City serta Serger Aurier dari Paris Saint-Germain.

Llorente sendiri didatangkan dengan mahar senilai 13,59 juta pounds atau Rp234 miliar. Sang pemain akan memperkuat Spurs dengan masa kontrak dua tahun.

Sementara, Aurier dipermanenkan dengan dana mencapai 22,5 juta poundsterling atau sekitar Rp388 miliar. Pria berusia 24 tahun tersebut terikat kontrak bersama The Lilywhites hingga 2022 mendatang.

Kedatangan Aurier ke Wembley Stadium pun mendapatkan berbagai macam respons, khususnya dari para fans LGBT Spurs. Hal itu dikarenakan, pada tahun lalu sang pemain pernah memberikan pernyataan yang kontroversial.

Ketika dirinya masih berseragam Les Parisiens, pemain berposisi bek kanan itu pernah menyebut mantan manajernya, Laurent Blanc sebagai seorang homo. Nama Zlatan Ibrahimovic pun juga dikatakan sebagai seorang homo. Akibat komentar buruknya itu, masa depan karier sang pemain bersama PSG pun sempat menjadi tidak jelas.

Kini, sang pemain yang telah resmi mengenakan jersey milik Spurs pun mendapatkan respons dari para fans LGBT Spurs. Dilaporkan Sportsmole, awalnya para penggemar itu merasa tidak senang dengan kedatangan sang pemain ke Tanah Inggris akibat komentar buruk di masa lalu itu.

"Kami awalnya merasa tidak senang dengan kedatangannya, namun dengan adanya percakapan yang baik dengan klub, kami ingin menggunakan kesempatan ini untuk membangun jembatan dan membuat perubahan," tulis pernyataan resmi Proud Lilywhites, grup fans LGBT Spurs.

"Sepakbola mempunyai kekuatan untuk mengubah kehidupan seseorang dan seluruh komunitas. Yang terbaik, ini tidak hanya menyenangkan bagi kita: ini bisa memberikan kesempatan untuk melampaui batas-batas geografis dan belajar untuk bekerja, bermain, dan merayakan bersama."

© trbfootball
Serge Aurier, bek kanan anyar Tottenham Hotspur. Copyright: trbfootballSerge Aurier, bek kanan anyar Tottenham Hotspur.

"Pemain, klub, dan pejabat sepakbola harus bertanggung jawab secara serius. Jadi apa yang akan terjadi ketika pemain seperti Serge Aurier yang di masa lalu memberikan komentar terkait homo, kini bergabung dengan klub baru dan memulai awalan baru?"

"Itu tentu memberi kita kesempatan untuk membicarakan jenis permainan yang ingin kita lihat, pemain yang ingin kita dukung, jenis klub yang kita inginkan dan membuat perubahan yang efektif serta mengakar."

"Kami telah melakukan banyak pekerjaan dengan pengurus serta staf klub, fans, dan berharap bisa bekerja sama dengan klub dan suporter lainnya. Hal itu bertujuan untuk menunjukkan kepada Serge Aurier bahwa penggemar Spurs sangat beragam, ramah, dan setia."

"Selamat datang di Tottenham Hotspur, Serge. Kami berharap Anda bisa mengenal kami," tutup pernyataan itu.

1.3K