KUALIFIKASI PIALA DUNIA 2018

Kiper Veteran Ini Berhasil Membuat Para Pemain Seharga Triliunan Frustasi

Senin, 4 September 2017 17:11 WIB
Penulis: Juni Adi | Editor: Joko Sedayu
 Copyright:

Luksemburg berhasil menahan imbang Prancis dengan skor 0-0, dalam laga ke-8 Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2018 di Stadion Municipal, Toulouse, Prancis pada Senin (04/09/17).

Prancis yang sebelumnya membantai Belanda dengan skor 4-0, tampil melempem saat menjamu Luksemburg.

Di laga tersebut, anak asuh Didier Deschamps dibuat frustasi dengan permainan 'parkir bus' Luksemburg. Statistik Soccerway mencatat, Paul Pogba cs berhasil melepaskan tendangan ke arah gawang hingga 34 tembakan, 8 diantaranya tepat sasaran, serta memegang 75 persen penguasaan bola.

Hal tersebut berbanding terbalik dengan Luksemburg, yang hanya melepaskan 1 kali tembakan tepat sasaran, dan hanya menguasai 25% penguasaan bola. 

Namun, tak ada satu pun gol yang tercipta. Padahal, line-up yang diturunkan Deschamps diisi sederet nama-nama bintang seperti Antoine Griezmann, Paul Pogba, dan Kylian Mbappe yang jika ditotal secara keseluruhan sebelas pemain bisa mencapai Rp7 triliun. Sedangkan, line-up Luksemburg jika ditotal hanya mencapai Rp464 juta.

Keberhasilan Luksemburg menjaga keperawanan gawangnya dari serangan para pemain Prancis, tak lepas dari peran kiper mereka yakni Jonathan Joubert.

Joubert sukses membuat setidaknya 8 kali penyelamatan gemilang. Salah satunya adalah peluang emas Mbappe dan Pogba, masing-masing dimenit ke-21 dan 36.

Kiper berusia 37 tahun tersebut kini membela klub F91 Dudelange di kompetisi kasta tertinggi Liga Luksemburg. Bersama F91 Dudelange, dirinya berhasil mempersembahkan 10 gelar Liga Luksemburg dan 6 Piala Luksemburg.

Hasil kurang memuaskan tersebut membuat Prancis gagal menang untuk pertama kalinya atas Luksemburg sejak Februari 1914 silam atau sekitar 103 tahun yang lalu. Kala itu, Prancis takluk dengan skot ketat 4-5 dari Luksemburg.

Berikut video aksi Jonathan Joubert di laga melawan Prancis:

7.3K