Iwan Setiawan Berharap Timnas U-19 Gagal, Bos Borneo FC Beri Peringatan

Selasa, 5 September 2017 16:42 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© bola.net
Presiden Borneo FC, Nabil Husein. Copyright: © bola.net
Presiden Borneo FC, Nabil Husein.

Pelatih Borneo FC, Iwan Setiawan saat ini tengah menjadi sorotan publik pencinta sepakbola Tanah Air. Hal itu menyusul komentar kontroversialnya yang berharap Timnas Indonesia U-19 mendulang kegagalan dalam ajang Piala AFF U-18 2017 di Myanmar.

Komentar tersebut ia sampaikan lantaran tidak suka dengan kinerja Indra Sjafri selaku pelatih Timnas U-19. Pria kelahiran 19 Maret 1984 itu bahkan terang-terangan mengatakan dirinya lebih pantas menjadi pelatih Timnas U-19 ketimbang Indra Sjafri.

© INTERNET/Bola.net
Pelatih Persebaya Surabaya, Iwan Setiawan. Copyright: INTERNET/Bola.netIwan Setiawan berharap Timnas U-19 gagal agar dirinya bisa menggantikan posisi Indra Sjafri.

"Saya tidak yakin Timnas lolos (ke semifinal), saya doakan Timnas kalah, karena saya ingin menggantikan Indra Sjafri," imbuhnya dilansir dari Jawapos.

"Karena menurut saya Indra Sjafri tidak pantas menjadi pelatih Tim Nasional. Kurang cocok Indra Sjafri. Iwan Setiawan lebih cocok. Kalau menurut saya tidak cocok Indra Sjafri. Orang gagal terus kok Indra Sjafri," tambah pemain yang pernah meniti karier di Persikabo Bogor tersebut.

© Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORT
Pelepasan Timnas U-19 ke Myanmar untuk mengikuti Piala AFF. Copyright: Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORTPelepasan Timnas U-19 ke Myanmar untuk mengikuti Piala AFF.

Komentar sosok yang sering disebut sebagai Jose Mourinho-nya Indonesia itu pun mendapat kritik keras dari masyarakat. Mereka bahkan mempertanyakan rasa nasionalisme Iwan yang berharap Timnas U-19 gagal demi ambisi pribadi.

Tidak ingin kasus tersebut terus berkepanjangan, Presiden Borneo FC, Nabil Husein pun memutuskan angkat bicara. Melalui akun Twitter pribadinya, @nabilhusein17, pria yang mendapat  penghargaa Best Entrepreneur Award 2014 tersebut secara terbuka meminta maaf atas tindakan yang dilakukan oleh Iwan.

"Mengenai berita yang beredar tentang statement dari coach Iwan, saya minta maaf. Ini memang memalukan."

© Nabil Husein
Tweet presiden Borneo FC, Nabil Husein. Copyright: Nabil HuseinKicauan Presiden Borneo FC, Nabil Husein.

"Tapi kita tidak akan diam karena kita punya kesepakatan dalam kontak, yana mana jika coach Iwan tidak bisa menjaga nama baik klub!"

"Karena tidak sepatutnya kita berkomentar. Lebih baik fokus pada klub ketimbang mengurusin orang lain. Sekali lagi, atas nama pribadi saya mohon maaf."

Dalam kesempatan itu, Nabil juga berharap agar pemberitaan soal komentar kontroversial Iwan tidak diteruskan kembali.

"Dan juga, saya minta untuk para jurnalis, sudahi menyakan sesuatu yang kiranya memancing amarah orang," tutup Nabil.

Sedikit informasi, Timnas U-19 sendiri akan segera menghadapi laga perdanya penyisihan Grup B Piala AFF U-18 2017 mengahdapi Myanmar di Thuwunna Stadium pada Selasa (05/09/17) pukul 18:30 WIB nanti.

4.9K