Kualifikasi Piala Dunia 2018

Arab Saudi Lolos, Mimpi Suriah ke Piala Dunia 2018 Masih Terjaga

Rabu, 6 September 2017 10:26 WIB
Penulis: Panca Putra Pamungkas | Editor: Galih Prasetyo
© http://ifpnews.com
Timnas Suriah Copyright: © http://ifpnews.com
Timnas Suriah

Arab Saudi bersama Korea Selatan menjadi perwakilan dari konfederasi Asia selanjutnya yang merebut tiket lolos otomatis ke putaran final Piala Dunia 2018 yang diselenggarakan di Rusia. Masing-masing dari negara tersebut berhasil mengakhiri fase grup di putaran ketiga dengan menduduki peringkat kedua Grup A dan Grup B.

Green Falcons, julukan Arab Saudi, berhasil mengalahkan Jepang di King Abdullah Sports City, Jeddah, Selasa (05/09/2017), lewat gol semata wayang pemain pengganti Fahad Al Muwallad pada menit ke-63.

© Getty Images
Arab Saudi vs Jepang Copyright: Getty ImagesArab Saudi vs Jepang

Sedangkan Taeguk Warriors, julukan Korsel, secara dramatis berhasil lolos setelah mampu menahan imbang tuan rumah Uzbekistan. 

Keduanya menyusul Iran (juara Grup A) dan Jepang (juara Grup B) yang sudah memastikan diri lolos lebih dahulu.

Keberhasilan Arab Saudi untuk tampil di Rusia ini menjadi penampilan kelima di Piala Dunia dan momentum kembalinya ke kancah pesta sepakbola sejagat tersebut. Sebelumnya negara dari Asia Barat ini absen di dua edisi terakhir (2010 dan 2014). 

Tampilan sejarah partisipasi Arab Saudi di Piala Dunia setelah memastikan kemenangan di Jeddah.

Dan bagi Korea Selatan, mereka kini telah membukukan penampilan kespuluh di turnamen yang pertama kali digelar di Uruguay pada tahun 1930 tersebut.

Sementara itu, Suriah bersama Australia harus puas menempati posisi ketiga di masing-masing Grup A dan Grup B. Tapi, harapan kedua negara tersebut untuk lolos masih ada.

© http://ifpnews.com
Timnas Suriah Copyright: http://ifpnews.comTimnas Suriah

Negara Barat-Tengah yang tengah dilanda konflik dan Negeri Kangguru akan saling dipertemukan di babak play-off yang akan berlangsung dua leg, 5 Oktober dan 10 Oktober 2017 mendatang. Selanjutnya, pemenang dari laga ini akan berhadapan dengan tim peringkat keempat di kualifikasi zona CONCACAF untuk memperebutkan satu tempat di putaran final Piala Dunia 2018.

5.7K