Jokowi 'Turut Serta' dalam Laga Indonesia vs Filipina

Kamis, 7 September 2017 15:27 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

Timnas Indonesia U-19 akan berhadapan melawan Timnas Filipina U-19, dalam laga lanjutan kejuaraan AFF U-18 di Myanmar. Dalam pertandingan kali ini, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, ternyata ‘turut serta’ dalam skuat Indra Sjafri.

Kehadiran Presiden Jokowi memang bukan dalam arti yang sebenarnya, melainkan melalui pedoman kata-kata yang diucapkan ulang oleh salah satu penggawa Garuda Nusantara, Asnawi Mangkualam Bahar.

Pemegang rekor pencetak gol termuda (17 tahun, lima hari) di Indonesian Soccer Championship (ISC) 2016 itu mengutip kalimat langsung Jokowi di Instagram pribadinya, beberapa jam sebelum laga melawan Filipina.

“Saya akan berusaha memberikan yang terbaik tak peduli penilaian orang. Mau jelek, mau gagal, mau berhasil, yang penting saya bekerja keras.~Presiden Joko Widodo~,” tulis Asnawi dalam Instagram pribadinya, @asnawibhr.

“SEMANGAT GARUDAKU. Bismillah berkah hari ini,” tambahnya.

Tak ayal, posting-an tersebut pun mendapatkan reaksi yang positif dari beberapa netizen yang mengikutinya. Selain memberikan semangat, terdapat pula beberapa netizen yang mendoakan Timnas U-19 dapat memenangkan pertandingan.

“Semangatt selalu idolaaa,” tulis seseorang dengan akun @pujia_nodozuki.

“Sukses terus bang wi, menangya bang, 3 poin penuhh, semangat menolak menyerah banggg @asnawibhr,” tulis seseorang dengan akun @pazriyahganieva3930.

“come on timnas ciptakan kemenangan yg banyak untuk Indonesia,” tulis seseorang dengan akun @nuuraisyaahhh.

© Muhammad Nur/Indosport
Wonderkid PSM Makassar, Asnawi Mangkualam Bahar. Copyright: Muhammad Nur/IndosportAsnawi Mangkualam Bahar.

Sebelumnya, Asnawi juga menyatakan ingin berbagi pengalamannya, saat membela Timnas U-22 di SEA Games 2017 lalu kepada teman-temannya di Timnas U-19. Ia berharap hal itu sedikit membantu saat membangkitkan semangat dan mental bertanding saat berada di lapangan.

"Saya bangga bisa diberikan kesempatan untuk bermain di sini (Timnas U-19). Pokoknya saya akan memberikan yang terbaik," ujar Asnawi.

"Pengalaman di SEA Games kemarin juga akan saya bawa ke sini dan nanti diterapkan," sambungnya.

Asnawi juga menjelaskan tidak ada masalah mengenai proses adaptasi dengan rekannya di Timnas U-19 meski ia dan Saddil telat bergabung.

"Dengan semua pemain juga sudah bisa adaptasi, memang ada sedikit kelelahan usai SEA Games kemarin, tetapi sudah sekarang sudah adaptasi selama berada beberapa hari di sini (Myanmar)," tutup pemain milik PSM Makassar tersebut.

2.4K