Piala AFF U-18 2017

Gelandang Timnas U-19 Dapat Pesan 'Tegas' dari Orang Tua dan PSM Makassar

Kamis, 7 September 2017 15:23 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

Salah satu pemain muda berbakat milik PSM Makassar, Asnawi Mangkualam Bahar, kini menjadi tulang punggung Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-18 yang tengah berlangsung di Myanmar, 4-17 September ini. Karenanya, pihak tim Juku Eja kemudian memberikan pesan 'tegas' kepada Asnawi.

Asnawi mengakui kalau pihak PSM Makassar ingin ia segera melupakan hasil yang diraihnya bersama Timnas U-22 di SEA Games 2017 Agustus lalu . Tidak hanya pihak klub, keluarga pemain 17 tahun itu juga berpesan agar Asnawi bekerja keras dan memberikan penampilan terbaik bagi Timnas Indonesia di Piala AFF U-18 tahun ini.

© Internet
Asnawi Mangkualam Bahar, Kapten Timnas U-19 Copyright: InternetAsnawi Mangkualam saat mengenakan jersey Timnas Indonesia U-19.

"Sebelum ke Piala AFF ini, saya sempat ketemu orang tua, mereka memberikan pesan agar saya bisa bermain maksimal," ujar Asnawi.

"Dari PSM juga pesan kalau hasil di SEA Games yang gagal (meraih medali emas) harus dilupakan dan sekarang berjuang kembali di sini," sambungnya.

© BolaRakyatku
Caption Copyright: BolaRakyatkuAsnawi saat memperkuat PSM Makassar.

Lebih lanjut, Asnawi juga mengaku cepat beradaptasi dengan gaya permainan pelatih Indra Sjafri meski ia baru bergabung dengan Timnas U-19. Menurut mantan pemain Persiba Balikpapan itu, pola permainan yang diterapkan Indra Sjafri tidak jauh berbeda dengan gaya Timnas U-19 tahun lalu saat dilatih oleh Eduard Tjong, di mana Asnawi juga termasuk salah satu pemainnya.

© Petrus Manus DaYerimon/INDOSPORT
Eduard Tjong Copyright: Petrus Manus DaYerimon/INDOSPORTAsnawi menilai gaya kepelatihan Indra Sjafri mirip dengan Eduard Tjong.

"Baik coach Indra maupun Eduard semuanya sama. Untuk sepakbola kita, idenya memang bermain menyerang, dan di sini kita juga sudah latihan bersama," tutup Asnawi.

Pada Piala AFF U-18 tahun ini, Asnawi baru bermain dalam kurun waktu lima menit. Hal itu terjadi saat ia masuk menggantikan Feby Eka Putra pada menit ke-89 saat Indonesia menang 2-1 atas tuan rumah, Myanmar pada Selasa (05/09/17).

2.2K