Piala AFF U-18 2017

Nazar 'Gila' Indra Sjafri jika Timnas U-19 Lolos ke Piala Dunia

Kamis, 7 September 2017 11:32 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Yohanes Ishak
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri.

Timnas Indonesia U-19 dipastikan akan bermain di babak utama Piala Asia U-19 2018 setelah mendapatkan keuntungan karena tampil sebagai tuan rumah. Menanggapi hal itu, pelatih Indra Sjafri menyatakan cukup senang dan mengincar tiket untuk lolos ke Piala Dunia U-20.

"Kami punya keinginan untuk meraih prestasi terbaik di kesempatan ini (Piala Asia). Ini momen kedua saya di putaran final Piala Asia, saya ingin bisa lebih dari hasil tahun 2014 demi keinginan lolos ke Piala Dunia U-20 pada 2019 mendatang," kata Indra.

© Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORT
Indra Sjafri saat memberikan pidato sebelum ke Myanmar untuk mengikuti Piala AFF. Copyright: Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORTIndra Sjafri ingin membawa Timnas Indonesia U-20 untuk lolos ke Piala Dunia.

Untuk bisa bermain ke Piala Dunia U-20, Indra Sjafri terlebih dahulu harus memastikan anak asuhnya menembus babak semifinal. Hal itu dikarenakan hanya ada empat tim dari kawasan Asia yang bisa bermain di Piala Dunia U-20 dan jatah itu diambil dari negara yang bisa mencapai babak semifinal Piala Asia U-19.

Terkait hal tersebut, pelatih Indra Sjafri pun mengutarakan suatu keinginan yang cukup 'gila' yakni akan berlutut di hadapan anak asuhnya jika Timnas U-19 lolos ke Piala Dunia U-20. Meski demikian, ia juga tetap mengapresiasi jika Skuat Garuda Nusantara juara di Piala AFF U-18 tahun ini.

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Skuat Timnas Indonesia U-19. Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORTSkuat Timnas Indonesia U-19.

"Jika juara Piala AFF saya angkat topi kepada mereka (pemain), tetapi saya akan lakukan, berlutut di hadapan pemain jika mereka bisa membawa tim ini lolos ke Piala Dunia. Tetapi itu juga jika mereka yang minta," canda Indra Sjafri.

Menurut Indra Sjafri, tim yang ada saat ini memiliki kemampuan yang komplit dan lebih baik dibandingkan Timnas U-19 era Evan Dimas yang juara Piala AFF U-18 pada 2013 lalu.

Hal itu pula yang membuat mantan pelatih Bali United itu percaya anak asuhnya saat ini berpeluang main di Piala Dunia U-20.

"Mereka (tim saat ini) melakukan itu lebih baik dari yang dulu. Jadi peluang lolos ke Piala Dunia itu sangat terbuka," tutup Indra Sjafri.

Meski sudah dipastikan main di babak utama Piala Asia U-19 2018, Timnas Indonesia U-19 tetap ambil bagian dan berlaga di kualifikasi di mana Egy Maulana Vikri dkk tergabung di Grup F bersama Korea Selatan, Malaysia, Brunei Daarussalam dan Timor Leste. Babak kualifikasi itu berlangsung pada 31 Oktober-8 November 2017 mendatang di Korea Selatan.

Di sisi lain, Timnas Indonesia U-19 saat ini tengah berjuang di Piala AFF di grup B. Pada malam nanti, tim Garuda Nusantara akan melakoni laga kedua melawan Filipina, setelah sebelumnya menang 2-1 atas tuan rumah Myanmar, Selasa (05/09/17).

9.4K