Kualifikasi Piala AFC U-16

Pengidola Persib Bandung Berpeluang Main di Laga Pembuka Kualifikasi Piala AFC U-16

Sabtu, 16 September 2017 10:01 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Rizky Pratama Putra
© Dewo/PSSI
Hamsah Lestaluhu (no 17) saat melakukan selebrasi. Copyright: © Dewo/PSSI
Hamsah Lestaluhu (no 17) saat melakukan selebrasi.

Kondisi Hamsa Lestaluhu terus membaik. Gelandang Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-16 itu berpeluang bermain di Kualifikasi Piala Asia U-16 2017.

Hamsa sebelumnya menderita cedera Anterior Cruciate Ligament (ACL) yang membuatnya harus menepi sekitar sebulan lebih. Karena keadaan itu pula, pengidola Persib Bandung ini harus mengubur keinginannya tampil di Piala AFF U-15 Juli lalu.

© Zainal Hasan/Indosport.com
Hamsah Lestaluhu (timnas Indonesia U-16). Copyright: Zainal Hasan/Indosport.comHamsah Lestaluhu (timnas Indonesia U-16).

Pelatih Garuda Asia, julukan Timnas U-16, Fakhri Husaini turut membawa Hamsa dari daftar 23 pemain untuk Kualifikasi Piala Asia U-16 2017. Fakhri mengakui bahwa Hamsa masih belum pulih total dari cedera.

Akan tetapi, kualitas serta pengaruh Hamsa tidak bisa dipinggirkan begitu saja oleh Fakhri. Maka dari itu, arsitek berusia 52 tahun tersebut percaya sang pemain bakal fit ketika dibutuhkan.

“Hamsa? Dia salah satu pemain potensial yang kami punya. Tentu ketika dia sudah kembali sembuh dan masuk ke tim tentu memberikan tambahan semangat, bisa memotivasi yang lain. Kalau kemarin Piala AFF U-15 2017, Hamsa tidak tampil. Sekarang sudah bersama lagi. Kondisinya belum 100 persen, tapi dari beberapa kali latihan saya lihat 90 persen dia sudah bisa bermain,” ucap Fakhri.

© Lanjar Wiratri/Indosport.com
Timnas U-16 saat sedang latihan. Copyright: Lanjar Wiratri/Indosport.comTimnas U-16 saat sedang latihan.

Namun, Fakhri tidak menggaransi Hamsa bakal bermain sebagai starter pada turnamen nanti. Eks juru taktik Pupuk Kaltim (PKT) Bontang itu akan terlebih dahulu melihat kondisi Hamsa.

“Hamsa ke tim inti? Mengenai hal itu, 23 pemain berpeluang masuk ke tim inti. Saya akan lihat perkembangannya. Empat aspek, teknik, taktik, fisik, dan mental sebelum saya menentukan komposisi pemain inti,” pungkas Fakhri.

Garuda Asia tergabung pada Grup G bersama tuan rumah Thailand, Kepulauan Mariana Utara, Laos, dan Timor Leste. Melawan Kepulauan Mariana Utara akan menjadi partai pembuka Timnas U-16 pada Sabtu (16/09/17) di Stadion Rajamangala, Bangkok.

1.1K