Piala AFF U-18 2018

Bukan Trofi Juara, Ini Hal Terpenting bagi Pemain Timnas U-19 di Piala AFF U-18

Minggu, 17 September 2017 13:14 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
 Copyright:

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri nyatanya memiliki misi luar biasa untuk anak asuhnnya selama mengikuti Piala AFF U-18 di Myanmar. Setelah gagal melangkah ke babak final, Indra Sjafri menegaskan ada satu hal penting yang perlu diingat para pemain untuk membentuk karakter mereka di kancah sepakbola profesioanal.

Indra Sjafri menyatakan hal terpenting bagi pemain muda saat ini adalah bagaimana membangun mental yang kuat. Pasalnya karakter tersebut tidak akan terpisahkan dalam perjalanan karier seorang pemain.

© Twitter@berita9com
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-19. Copyright: Twitter@berita9comSelebrasi pemain Timnas Indonesia U-19.

"Kami ingin membangkitkan mental mereka lagi dan menjelaskan bahwa ini adalah bagian dari proses perjalanan karier mereka, harus bisa mereka terima dengan baik, supaya nanti jangan menjadi masalah yang tak bisa mereka kelola," tegas Indra Sjafri. 

"Bisa dilihat sendiri tadi, mereka sudah bisa fokus lagi untuk pertandingan perebutan tempat ketiga," sambung mantan pelatih Bali United tersebut menjelaskan perkembangan mental pemain usai kalah dramatis dari Thailand di babak semifinal Piala AFF, Jumat (15/09/17) lalu.

Pada Minggu (17/09/17) sore ini, Timnas Indonesia U-19 akan menjalani laga terakhir di Piala AFF U-19 dengan melawan Myanmar untuk memperebutkan posisi ketiga. Karenanya, pelatih Skuat Garuda Muda, Indra Sjafri telah mempersiapkan anak asuhnya, apalagi Myanmar bertekad membalas kekalahan 1-2 di laga pertama penyisihan grup B.

© Twitter@pssi__fai
Selebrasi pemain Timnas U-19 setelah Egy Maulana Vikri cetak gol. Copyright: Twitter@pssi__faiSelebrasi pemain Timnas U-19 setelah Egy Maulana Vikri cetak gol.

"Myanmar pasti akan sangat kami waspadai karena Myanmar tentu tak ingin dua kali kalah di hadapan pendukung mereka. Sore ini (kemarin-red) kami latihan ringan saja di hotel sambil menjaga pemulihan kondisi pemain. Tim pelatih akan kembali melihat kondisi pemain karena kebugaran pemain adalah fokus utama kami di laga esok (hari ini-red)," tutup Indra Sjafri.

808