Kualifikasi Piala Asia U-16 2018

Tak Selesai Tonton Laga Indonesia vs Mariana Utara, Indikasi Timor Leste Ketakutan?

Minggu, 17 September 2017 11:51 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© PSSI
Skuat Timnas Indonesia U-16. Copyright: © PSSI
Skuat Timnas Indonesia U-16.

Timnas Indonesia U-16 tampil menggila di partai perdana Grup G kualifikasi Piala Asia U-16 dengan menang telak 18-0 atas Kepulauan Mariana Utara, Sabtu (16/09/17). Menariknya laga 'pembantaian' tersebut ternyata juga disaksikan langsung oleh pelatih dan para pemain Timor Leste U-16. 

Namun, menurut laporan PSSI, para pemain Timor Leste hanya menonton babak pertama pertandingan Indonesia vs Kepulauan Mariana Utara, di mana saat itu Skuat Garuda Asia sudah unggul 6-0. Setelahnya Timor Leste memilih untuk tidak menonton laga babak kedua.

© PSSI
Timnas U-16. Copyright: PSSIPelatih, ofisial, dan pemain cadangan Timnas U-16.

Lantas apa yang membuat Skuat Timor Leste pulang lebih awal, apakah mereka sudah mendapatkan gambaran kekuatan Indonesia ataukah mereka 'ketakutan'? Tentu hal itu hanya diketahui oleh tim negara tetangga tersebut.

Baik Timor Leste maupun Indonesia akan bertemu pada laga Grup G selanjutnya, Senin (18/09/17) mendatang. Kedua tim juga sama-sama meraih hasil positif di pertandingan pertama, di mana Timor Leste menang 5-2 atas Laos dan Indonesia membantai 18-0 Kepulauan Mariana Utara.

Selain itu, Timnas Indonesia U-16 juga sudah mengintip kekuatan Timor Leste saat melawan Laos, Sabtu (16/09/17). Hal itu dilakukan sebagai pembelajaran untuk memetakan kekuatan tim lawan. 

© AFC
Aksi para pemain Timor Leste U-16 saat kalahkan Laos. Copyright: AFCAksi para pemain Timor Leste U-16 saat kalahkan Laos.

“Saya sengaja membawa para pemain, agar mereka melihat, mempelajari cara bermain dari lawan kami berikutnya, yaitu Timor Leste. Saya menilai, Timor Leste memiliki cara bermain yang memanfaatkan serangan balik," tutur Fakhri Husaini, pelatih Timnas Indonesia U-16.

Selain Indonesia, ada juga pelatih Mariana Utara, Michiteru Mita yang mengintip permainan Timor Leste. Namun, ia tidak mengajak para pemainnya seperti Indonesia, melainkann hanya ditemani sang asisten.

4.9K