Banyak Dikecam, PSSI Beberkan Alasan di Balik Hukuman Persib

Senin, 18 September 2017 12:43 WIB
Penulis: Lanjar Wiratri | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

Tak hanya pendukung Persib, masyarakat yang kecewa dengan hukuman denda untuk Persib pun beramai-ramai menggelar aksi pengumpulan koin untuk PSSI sebagai bentuk sindiran.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi membeberkan alasan mengapa tetap menjatuhkan sanksi pada Persib meski banyak dikecam. Pelanggaran yang dijatuhkan kepada Persib mengacu pada pasal 67,3 dari Kode Disiplin PSSI yang diterapkan sesuai dengan Kode Disipliner FIFA.

Dalam kode etik tersebut ditegaskan jika selaku induk federasi sepakbola dunia, FIFA, melarang adanya simbol politis di lapangan.

"Pada prinsipnya, PSSI sangat menentang tragedi kemanusiaan dalam bentuk apapun, di daerah apapun, terlebih apabila suatu tragedi menyebabkan hilangnya banyak nyawa," ujar Edy Rahmayadi.

© Muhammad Adiyaksa/INDOSPORT
Ketua Umum PSSI, Edy Rahmaydi. Copyright: Muhammad Adiyaksa/INDOSPORTKetua Umum PSSI, Edy Rahmayadi.

Edy menyebut pihaknya menjatuhkan sanksi kepada Persib semata-mata karena memenuhi kode etik dan peraturan yang telah diberikan FIFA. Tak ada tujuan untuk mengabaikan nilai-nilai kemanusian warga etnis Rohingya.

"PSSI akan terus menjadikan perdamaian sebagai tujuan utama dari penyelenggaraan sepakbola, seperti yang tertuang dalam Statuta PSSI dan FIFA," tutupnya.

© Arif Rahman/Indosport.com
Partisipasi aksi Koin Untuk PSSI Copyright: Arif Rahman/Indosport.comPartisipasi aksi Koin Untuk PSSI
790