KUALIFIKASI PIALA ASIA U-16

Indonesia 3-1 Timor Leste: Sutan Zico On Fire!

Senin, 18 September 2017 17:57 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© AFC
Timnas U-16 vs Timor Leste. Copyright: © AFC
Timnas U-16 vs Timor Leste.

Babak I

Garuda Asia sebenarnya mampu langsung mengancam pertahanan Timor Leste di menit-menit awal pertandingan. Amiruddin Bagus bahkan sempat mencetak gol di menit 8, sayang wasit menganggapnya dalam posisi offside.

Selama 15 menit laga berjalan, Timnas U-16 menguasai jalannya pertandingan. Namun lemahnya penyelesaian akhir membuat Brylian Aldama dan kolega belum sanggup membobol gawang lawan.

Asyik menyerang, gawang Indonesia yang dikawal Ernando malah bobol lewat gol yang dicetak Paulo Domingos Freitas. 1-0 Timor Leste memimpin.

Menit 23, 25, dan 28, Timnas U-16 mendapatkan peluang secara beruntun, tapi upaya anak-anak terbaik Indonesia di bawah 16 tahun itu selalu berakhir sia-sia. Fakhri wajib mencari alternatif serangan guna memecah kebuntuan.

Tak disangka, Brylian Aldama ditarik keluar dan digantikan oleh Hamsa Lestaluhu tepat di menit 30. Hal ini dilakukan untuk menambah daya dobrak Garuda Asia di jantung pertahanan Timor Leste.

Skor 1-0 untuk keunggulan Timor Leste bertahan hingga babak pertama usai.

Babak II

Memasuki babak kedua, Fakhri kembali bereksperimen dengan memainkan Sutan Zico, top skor Timnas U-16 dengan lesakan lima golnya ke gawang Kepulauan Mariana Utara. Ia masuk menggantikan Bagus.

Benar saja, baru semenit ia berlari-lari di lapangan, peluang sudah ia dapatkan meski tendangannya masih bisa diamankan kiper lawan.

Lima menit berselang, Timor Leste harus bermain dengan 10 pemain setelah Paulo dikartu merah karena melanggar pemain Timnas U-16. Keuntungan untuk Mochammad Supriadi dan kawan-kawan.

Sutan Zico benar-benar membayar kepercayaan Fakhri Husaini. Menit 60 ia berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Garuda Asia bahkan berbalik unggul tiga menit kemudian. Lagi-lagi, Sutan Zico mencetak gol untuk Timnas U-16.

Menit 73, Timor Leste nyaris menyamakan kedudukan. Untungnya gol yang tercipta sudah masuk jebakan offside terlebih dahulu. Empat menit kemudian, serangan balik dilakukan skuat Indonesia. Namun tendangan jarak jauh Garuda Asia masih membentur tiang gawang.

Sutan Zico rupanya belum puas. Menit ke-88, Sutan yang telah menunggu umpan di depan gawang, tak menyia-nyiakan serangan balik dan langsung menceploskan gol ketiganya.

Wasit memberikan tiga menit waktu tambahan. Namun skor 3-1 untuk kemenangan Garuda Asia tak berubah hingga akhir babak kedua.

4K