Kualifikasi Piala AFC U-16

Cetak Hattrick, Pelatih Timnas U-16 Sanjung Zico yang Main dengan Otot dan Otak

Selasa, 19 September 2017 06:51 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Rizky Pratama Putra
© cnnindonesia
Sutan Zico, striker andalan Timnas U-16. Copyright: © cnnindonesia
Sutan Zico, striker andalan Timnas U-16.

Kemenangan 3-1 Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-16 atas Timor Leste pada pertandingan kedua Grup G Kualifikasi Piala Asia U-16 2018, Senin (18/09/17) dirasa manis. Sebab, kesebelasan berjuluk Garuda Asia tersebut lebih dulu kebobolan di babak pertama.

Memasuki paruh kedua, pasukan Fakhri Husaini tampil kesetanan. Tiga gol berhasil mereka buat untuk mengembalikkan keadaan.

© PSSI
Timnas Indonesia U-16 Merayakan Gol ke Gawang Timor Leste Copyright: PSSITimnas Indonesia U-16 Merayakan Gol ke Gawang Timor Leste

Dalangnya siapa lagi kalau bukan Sutan Diego Armando Ondriano Zico. Baru bermain usai turun minum, sang bomber membukukan hattrick untuk kemenangan Garuda Asia.

Selepas pertandingan, Fakhri sungguh tidak kuat untuk menahan apresiasi terhadap penyerang berusia 15 tahun tersebut. Arsitek kelahiran Lhokseumawe, Aceh itu bangga terhadap Zico yang bermain sangat pintar melawan Timor Leste.

“Masuknya Zico terbukti bisa mengubah permainan. Dan Zico sudah membuktikannya dengan mencetak tiga gol. Memberikan banyak perubahan bagi tim. Dia pemecah kebuntuan gol tim kami,” ucap Fakhri dalam rilis yang diterima INDOSPORT.

© PSSI
Timnas Indonesia U-16 vs Timor Leste Copyright: PSSITimnas Indonesia U-16 vs Timor Leste.

“Seperti yang sudah saya katakan, dia pemain bagus, penempatan posisi dan penyelesaian akhir dia bagus. Dia striker berbakat yang tahu kapan saat harus menggunakan kekuatan (otot) dan kapan harus berfikir menggunakan akalnya (otak) dan dia masih bisa terus berkembang,” pujinya.

Berkat trigolnya, Zico untuk sementara memuncaki daftar pencetak gol dengan torehan delapan. Sebelumnya, pengidola striker Bayern Munchen, Robert Lewandowski ini berhasil mencetak lima gol saat melawan Kepulauan Mariana Utara.

824