Amanar Bawa Timnas U-16 Unggul 1-0 atas Thailand

Rabu, 20 September 2017 19:55 WIB
Editor: Agus Dwi Witono
© Grafis: Tim/Indosport.com
Babak pertama Indonesia vs Thailand. Copyright: © Grafis: Tim/Indosport.com
Babak pertama Indonesia vs Thailand.

Melawan tuan rumah Thailand di babak kualifikasi Piala Asia U-16 2018, Rabu (20/09/17), Timnas U-16 tampil lebih hati-hati. Mereka sadar jika kualitas tim yang jadi lawan kali ini relatif berimbang. Permainan Sutan Zico dkk cenderung sabar menanti kesempatan terbaik. Terlebih Thailand memberi tekanan cukup kuat sejak menit pertama pertandingan.

Beruntung tekanan yang dilakukan Thailand tak berjalan dengan sempurna. Mereka beberapa kali melakukan kesalahan di wilayah pertahanan sendiri. Selain itu, umpan-umpan yang dilakukan pun tak terlalu membahayakan. Gawang Ernando hanya sesekali mendapat ancaman berbahaya dari Thailand.

© AFC
Penggawa Timnas U-16, Amanar Abdillah Copyright: AFCPenggawa Timnas U-16, Amanar Abdillah

Kesabaran Timnas U-16 ini akhirnya berbuah manis. Lewat sebuah serangan cepat di sisi kanan pertahanan Thailand, Supriadi yang tidak terkawal bisa mengirim umpan silang ke kotak penalti Thailand. Bola umpan silang ini sebenarnya nyaris ditepis kiper Thailand. 

Namun bola terus melaju ke arah Amanar Abdillah yang sebenarnya mendapat pengawalan pemain bertahan Thailand. Bola sempat berusaha dibuang pemain Thailand tersebut, tapi berhasil diserobot Amanar. Tim Garuda Asia unggul 1-0.

Gedoran Thailand makin intensif usai ketinggalan 0-1. Beruntung, benteng pertahanan Timnas U-16 bermain solid. Mereka tak membiarkan pemain Thailand mendapatkan ruang tembak. Sesekali pelanggaran dilakukan jika memang kondisinya sudah membahayakan. 

Bahkan Supriadi dan Amanar masih mampu melakukan sejumlah serangan di tengah tekanan Thailand. Sayang, belum ada yang bisa menghasilkan gol tambahan bagi Indonesia. Hingga babak pertama usai, Indonesia masih unggul 1-0.

3.7K