Akhirnya FIFA Mengizinkan Bunga Poppy Melekat di Jersey Timnas Inggris

Senin, 25 September 2017 16:28 WIB
Penulis: Juni Adi | Editor: Yohanes Ishak
© goal.com
Logo resmi FIFA. Copyright: © goal.com
Logo resmi FIFA.

Federasi sepakbola dunia, FIFA, sempat melarang Tim Nasional Inggris dan negara-negara dari Inggris Raya lainnya untuk memasang emblem bunga poppy pada jersey mereka dalam pertandingan resmi internasional agenda FIFA.

Bunga poppy merupakan simbol peringatan untuk pahlawan Inggris yang gugur pada Perang Dunia I, yang berakhir pada 11 November 1918. Saat itu, negara yang terlibat perang adalah Inggris dan Jerman.

Mengingat ada kemungkinan suatu hari nanti Inggris akan bertanding melawan Jerman pada Remembrance Sunday, FIFA memutuskan melarang rencana tersebut demi komitmen mencegah isu politik masuk dunia sepakbola.

Sikap FIFA itu pun pernah mendapat kecaman. Salah satunya dari Perdana Menteri Inggris, Theresa May.

“Hal ini benar-benar keterlaluan, para pemain sepak bola negara kami ingin memberikan penghormatan bagi mereka yang mengorbankan jiwa raganya demi keamanan negara.”  ujar May dikutip dari AFP (03/09/16). 

Namun, setelah bertahun-tahun, akhirnya sikap FIFA pun melunak usai berdiskusi dengan federasi sepakbola Inggris (FA).

Dilansir dari BBC, Inggris dan negara-negara di Britania Raya lainnya akan diperbolehkan memasang emblem bunga poppy saat melakukan pertandingan persahabatan di Remembrance Sunday.

Menariknya, ketika FIFA memberikan izin menggunakan bunga poppy pada jersey Timnas Inggris, tim berjuluk Tiga Singa itu akan berhadapan dengan Jerman pada pertandingan persahabatan di Stadion Wembley, tanggal 10 November mendatang.

Pada tahun lalu, FIFA menghukum Inggris sebesar 35 ribu poundsterling (Rp360 juta) karena jersey mereka tersemat bunga poppy di bagian armband-nya (lengan). Saat Inggris melakoni laga Kualifikasi Piala Dunia menghadapi Skotlandia.

© Mirror.co.uk
Bunga Poppy di ban kapten Timnas Inggris. Copyright: Mirror.co.ukBunga Poppy di ban kapten Timnas Inggris.

Sekedar informasi, bunga poppy sendiri dijadikan lambang peringatan Remembrance Sunday karena bunga itu tumbuh di sejumlah medan pertempuran Perang Dunia I. Bunga poppy merupakan simbol kehidupan, harapan, keceriaan, dan penghiburan bagi mereka yang berjuang.

© Mirror.co.uk
Tentara Inggris memperingati Remembrance Sunday. Copyright: Mirror.co.ukTentara Inggris memperingati Remembrance Sunday.

Remembrance Sunday diperingati setiap hari Minggu kedua bulan November sebagai hari mengenang para pahlawan yang gugur di medan perang.