Danone Nations Cup 2017

Hebat! Timnas Indonesia Hanya Kalah dari Sang Juara di Piala Dunia U-12

Senin, 25 September 2017 18:02 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Ramadhan
© Danone Nations Cup
Sepakbola Indonesia Danone Nations Cup lolos ke babak 16 besar. Copyright: © Danone Nations Cup
Sepakbola Indonesia Danone Nations Cup lolos ke babak 16 besar.

Langkah SSB Batu Agung asal Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, yang mewakili Indonesia U-12 di ajang Turnamen Danone Nations Cup (DNC) 2017 di New York, Amerika Serikat harus terhenti di babak perempatfinal. Anak-anak muda pengharum nama bangsa itu menyerah 1-2 di tangan Meksiko yang akhirnya menjadi juara.

Pencapaian SSB Batu Agung pada perhelatan yang biasa disebut Piala Dunia U-12 tersebut patut diacungi jempol. Pada babak penyisihan, mereka merajai Grup D yang dihuni oleh Uni Emirat Arab (UEA), Afrika Selatan, dan Inggris.

Pada penyisihan Grup, SSB Batu Agung tampil sempurna dengan mengalahkan lawan-lawannya. UEA dan Afrika Selatan mereka bantai dengan skor serupa, 3-0.

© @danonenationcup
Para pemain Timnas Indonesia U-12 bersyukur setelah menempati peringkat delapan di ajang Piala Dunia U-12 2018. Copyright: @danonenationcupPara pemain Timnas Indonesia U-12 bersyukur setelah menempati peringkat delapan di ajang Piala Dunia U-12 2018.

Bahkan, SSB Batu Agung mampu membuat raksasa Eropa, Inggris tidak berkutik. Inggris mereka tundukkan dengan skor 2-0.

SSB Batu Agung lolos ke babak 16 besar dengan status juara Grup D. Mereka bertemu jagoan Asia, Jepang di babak perdelapanfinal. Jepang pun dibuat menyerah oleh anak-anak muda Indonesia tersebut. Skor 2-1 cukup memulangkan Jepang ke Negeri Matahari Terbit.

Memasuki perempatfinal, pasukan Safrudin Noor itu bertemu runner up Grup F, Meksiko. Sebelumnya, Meksiko berhasil mengalahkan Prancis (4-3) lewat adu tendangan penalti di babak 16 besar.

© Twitter/@DanoneNationsCup
Indonesia vs Jepang di Piala Dunia U-12 Copyright: Twitter/@DanoneNationsCupIndonesia vs Jepang di Piala Dunia U-12

Sayangnya, hegemoni SSB Batu Agung terhenti di tangan Meksiko di babak perempatfinal. Timnas U-12 takluk dengan skor 0-2. Itu artinya, selama fase grup dan knock out, Timnas U-12 hanya dikalahkan Meksiko saja.

Setelah mengalahkan SSB Batu Agung, langkah Meksiko ke tangga juara semakin mulus. Rumania mereka tumpaskan dengan skor 2-0 di babak semifinal. Pada partai pamungkas, Meksiko sukses meraih trofi juara setelah melumat Argentina 2-0.

Pada penentuan final ranking yang mempertemukan tim yang kalah di fase knock out, SSB Batu Agung kembali kalah 2-3 dari Jerman. Hasil itu membuat SSB Batu Agung menempati peringkat kedelapan klasemen akhir Piala Dunia U-12.

761