Liga Champions

Mengupas Peta Kekuatan Duel Dortmund vs Real Madrid

Selasa, 26 September 2017 16:51 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Joko Sedayu
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Real Madrid vs Borussia Dortmund. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Real Madrid vs Borussia Dortmund.

Tengah pekan ini Liga Champions akan menyajikan partai yang begitu panas. Raksasa Spanyol, Real Madrid, akan bertandang ke markas yang terkenal dengan keangkerannya bagi tim tamu, Signal Iduna Park, di mana Borussia Dortmund bersemayam.

Pada pertandingan terakhirnya, Die Borussen berhasil menggasak Borussia Monchengladbach dengan skor yang sangat mencolok 6-1. Akan tetapi tren positif juga diikuti Los Blancos dengan meredam Deportivo Alaves lewat skor 2-1.

Alhasil tampaknya duel yang akan tersaji pada pertandingan kedua Grup H Liga Champions ini akan berjalan dengan sangat cepat. Adu skema antar juru taktik Zinedine Zidane dan Peter Bosz juga siap mewarnai jalannya laga.

Dortmund yang superior di Bundesliga, siap menggunakan skema dengan pressing tinggi. Mereka tampaknya tidak akan menyianyiakan kesempatan untuk menghadirkan mimpi buruk bagi Los Blancos, demi menjaga peluang lolos ke babak 16 besar Liga Champions.

Apalagi di pertandingan pertama Liga Champions, Die Borussen harus menyerah 1-3 saat berhadapan dengan Tottenham Hotspur di Wembley Stadium (14/09/17). Sehingga Dortmund mau tidak mau harus mengamankan laga penting ini, mengingat mereka bermain di hadapan pendukung sendiri.

© INDOSPORT
Wolfsburg vs Borussia Dortmund. Copyright: INDOSPORTWolfsburg vs Borussia Dortmund.

Di sisi lawan, tampaknya Zidane akan menggunakan skema serangan balik guna meladeni tensi tinggi yang dipakai Dortmund. Hal itu bisa dimanfaatkan Madrid guna mengamankan poin dan menjaga asa lolos ke babak selanjutnya dengan predikat jawara grup.

Sementara itu di pertandingan lain, Real Madrid mampu membenamkan APOEL di Santiago Bernabeu pada Kamis (14/09/17), dengan tiga gol tanpa balas yang dilesakkan oleh Ronaldo (12' dan 51') dan Sergio Ramos (61').

© Twitter Squawka News
Selebrasi pemain Real Madrid. Copyright: Twitter Squawka NewsSelebrasi pemain Real Madrid.

Borussia Dortmund memang memiliki striker tajam sekaliber Pierre-Emerick Aubameyang, yang didukung penyerang muda seperti Maximilian Philipp dan Christian Pulisic. Namun barisan ujung tombak Los Merengues juga tidak kalah mentereng, di mana Zidane memiliki Gareth Bale, Marco Asensio, dan Cristiano Ronaldo, sebagai juru gedor guna memupuskan harapan Die Borussen.

Perlu diketahui, saat ini Dortmund berada di puncak klasemen Bundesliga sementara dengan 16 poin. Sedangkan Real Madrid harus puas berada di posisi keenam dengan raihan 11 poin. Pertemuan kedua tim musim lalu berujung dengan skor 2-2 baik laga tandang maupun kandang.

Sedangkan di Liga Champions musim ini, Madrid memimpin Grup H dengan torehan 3 poin, unggul jumlah selisih gol dari Tottenham. Adapun Dortmund di urutan ketiga dan belum mendapatkan poin.

481