Asian Games 2018

3 Pemain Senior yang Cocok Bela Timnas di Asian Games

Kamis, 28 September 2017 11:41 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Kemenangan Timnas Indonesia. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Kemenangan Timnas Indonesia.

Asian Games 2018 Jakarta-Palembang pada Agustus-September 2018 akan menjadi pembuktian terakhir Luis Milla Aspas sebagai pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia. Sebab, masa baktinya akan habis pada September tahun depan.

Milla mulai dikontrak PSSI untuk menukangi Timnas senior dan U-22 sejak Januari 2017. Hingga saat ini, arsitek asal Spanyol itu telah melewati dua ajang bersama Garuda Muda, julukan Timnas U-22. Dua turnamen tersebut dilalui dengan kegagalan melampaui target yang diberikan PSSI.

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Luis Milla dan skuat Timnas Indonesia U22. Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORTLuis Milla dan skuat Timnas Indonesia U-22.

Pertama, gagal lolos ke Piala Asia U-23 2018. Langkah Timnas U-22 terhenti di babak kualifikasi. Kedua, hanya meraih medali perunggu di SEA Games 2017 Malaysia.

Perhelatan Asian Games 2018 memperbolehkan setiap kesebelasan untuk menyertakan maksimal tiga pemain senior dalam skuat U-22-nya. Sebelumnya, Timnas juga membawa tiga pemain senior pada ajang empat tahunan tersebut.

Victor Igbonefo, Achmad Jufriyanto, dan Ferdinand Sinaga menjadi bagian dari Timnas U-23 (sekarang menjadi U-22) pada Asian Games 2014. Hasilnya, Timnas U-23 berhasil lolos ke babak 16 besar namun takluk 1-4 dari sang perebut medali perak, Korea Utara.

Sebagai juru taktik Skuat Garuda, julukan Timnas, Milla lebih banyak mengomandoi Timnas U-22. Pasalnya, tidak banyak agenda untuk Timnas senior di tahun ini. Tecatat, Timnas senior hanya akan melakoni beberapa pertandingan uji coba internasional pada 2017.

Pelatih berusia 51 tahun tersebut pernah menyelipkan lima pemain senior pada skuat Timnas U-22 kala meladeni Kamboja dan Puerto Rico pada pertandingan persahabatan awal Juni lalu.

Kurnia Meiga, Fachruddin Ariyanto, Irfan Bachdim, Bayu Pradana, dan Adam Alis Setyano yang digantikan oleh Stefano Lilipaly berbaur bersama komposisi Evan Dimas dan kolega.

Pilihan Milla untuk slot pemain senior Timnas U-22 di Asian Games 2018 sepertinya tidak jauh dari deretan pemain yang pernah bekerja sama dengan dia sebelumnya. Namun, bukan kejutan bila mantan arsitek Timnas Spanyol U-21 tersebut memanggil muka-muka baru.

© Ratno Prasetyo/ INDOSPORT
Victor Igbonefo pada saat latihan bersama timnas di lapangan Sekolah Pelita Harapan, Karawaci, Tangerang. Copyright: Ratno Prasetyo/ INDOSPORTVictor Igbonefo pada saat latihan bersama Timnas di lapangan Sekolah Pelita Harapan, Karawaci, Tangerang.

Seperti yang pernah dirasakan oleh Rezaldi Hehanussa dan Septian David Maulana di Timnas U-22. Kedua pemain tersebut merupakan panggilan ‘telat’ Milla yang langsung merebut posisi inti di skuatnya pada ajang SEA Games 2017.

Pada Asian Games 2018, Milla diberikan target melangkah ke babak semifinal. Faktor bermain sebagai tuan rumah tentu menjadi suatu keuntungan.

Timnas memiliki limpahan pemain senior berkualitas yang menjamur tidak hanya di kompetisi kasta teratas, namun juga pada level kedua. INDOSPORT mencoba merangkum tiga plus alternatif pilihan pemain senior yang pantas dilirik Milla untuk ikut serta masuk ke dalam skuat Asian Games pada tahun depan. Berikut sajiannya kepada pembaca setia.

2.3K