Begini Tekad Egy Maulana Vikri di Kualifikasi Piala Asia U-19

Jumat, 29 September 2017 21:03 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Agus Dwi Witono
© PSSI
Egy Maulana Vikri (kanan) dijatuhkan pemain Myanmar. Copyright: © PSSI
Egy Maulana Vikri (kanan) dijatuhkan pemain Myanmar.

Timnas Indonesia U-19 akan tetap mengikuti kualifikasi Piala Asia U-19 meski sudah menggengam tiket ke babak utama karena tampil sebagai tuan rumah pada 2018 mendatang. Keikutsertaan Indonesia didasari keinginan untuk menambah pengalaman dan mengasah kemampuan para pemain Garuda Nusantara. 

Karena itu, winger lincah Egy Maulana Vikri menegaskan ia dan rekan-rekannya siap memanfaatkan kesempatan tersebut sebaik mungkin. Hasil di kualifikasi Piala Asia U-19 akhir bulan depan dinilai jadi tolak ukur kemampuan Timnas U-19 untuk bisa tampil maksimal di putaran utama. Sekaligus bisa merebut perhatian masyarakat Indonesia.

© PSSI
Muhammad Iqbal berhasil melewati pemain Myanmar. Copyright: PSSIMuhammad Iqbal berhasil melewati pemain Myanmar.

"Target di kualifikasi (Piala Asia U-19) nanti kami ingin banyak menang, biar masyarakat percaya sama kita. jadi nanti pas di Piala Asia masyarakat banyak yang dukung sama kita saat jadi tuan rumah," ujar Egy Maulana, Jumat (29/09/17).

"Jadi besok (Oktober) harus tetap fight, sebagai persiapan nanti di Piala Asia. Apalagi target kita ke Piala Dunia. Intinya kita optimis," sambung dia.

Hal senada juga dilontarkan gelandang Muhammad Iqbal. Menurut Iqbal, saat ini semua pemain yang dipanggil oleh pelatih Indra Sjafri sudah siap menghadapi kualifikasi Piala Asia U-19 yang akan berlangsung di Korea Selatan. 

Iqbal mengakui, ada persaingan di antara para pemain untuk memperebutkan posisi utama di starting XI. Namun, hal itu disebut sudah biasa terjadi. Hal terpenting semua pemain Timnas U-19 optimis dan tidak takut terhadap lawan sebelum bertanding.

© Twitter@pssi__fai
Selebrasi pemain Timnas U-19 setelah Egy Maulana Vikri cetak gol. Copyright: Twitter@pssi__faiSelebrasi pemain Timnas U-19 setelah Egy Maulana Vikri cetak gol.

"Intinya kami sudah siap. Soal persaingan tidak ada masalah, saya kira kita sudah persiapkan semua," beber Iqbal.

"Saya optimis. Kita tak boleh takut dulu walaupun nanti lawannya Korea Selatan," sambung pemilik nomor punggung 6 tersebut.

Pada kualifikasi Piala Asia U-19 nanti, Timnas Indonesia tergabung di Grup F bersama tuan rumah Korea Selatan, Malaysia, Timor Leste, dan Brunei. Akan tetapi, sebelum terbang ke Negeri Gingseng, Timnas U-19 terlebih dahulu menjalani dua laga uji coba internasional melawan Kamboja U-19 dan Thailand U-19 pada awal Oktober ini.

538