Serie B Italia

Cemerlang di Serie B, Wonderkid Korea Utara Malah Dilarang Tampil di TV oleh Pemerintahnya

Sabtu, 30 September 2017 14:06 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© legab.it
Han Kwang-Song cetak tiga gol ke gawang Virtus Entella. Copyright: © legab.it
Han Kwang-Song cetak tiga gol ke gawang Virtus Entella.

Malang benar nasib Han Kwang-Song, wonderkid Korea Utara yang bermain di klub Serie B Italia, Perugia. Terkesan membatasi ruang gerak, pemerintah Korut melarang Han untuk tampil di televisi Italia.

Penyerang berusia 19 tahun tengah menjalani manisnya atmosfer liga sepakbola kasta kedua di Italia berkat rentetan performa impresif. Pujian pun datang dari sejumlah pihak, termasuk salah satu media di sana yang berencana melakukan liputan khusus.

La Domenica Sportiva RAI Sports tertarik untuk mewawancarai Han dengan petinggi Perugia, Massimiliano Santopadre. Sayang, beberapa saat sebelum pemain pinjaman Cagliari itu berangkat ke Milan, ia mendapatkan telpon yang mengaku adalah perwakilan pemerintah Korea Utara.

"Ada telpon dari seseorang tidak dikenal, ia mengaku dari kementerian (Korea Utara) dan meminta agar kami membatalkan semuanya," kata Santopadre kepada La Stampa.

Santopadre menjelaskan bahwa ada imbauan agar pemainnya (Han) tidak ditampilkan di televisi secara khusus. Pemerintah Korut mengancam akan memulangkan paksa Han jika permintaan tersebut tidak digubris.

"Hubungan pemerintah mereka makin ke sini makin kaku (situasi panas dengan Amerika Serikat). Imbasnya, pesepakbola jadi dilarang tampil di televisi. Mereka akan memulangkan paksa (jika tetap menampilkannya)," jelasnya lagi.

"Han jadi merasa takut, jadi kami harus membatalkannya," tandasnya.

Bakat Han Kwang-song terendus oleh pemandu bakat Cagliari saat tampil membela negaranya di Piala Dunia U-17 tahun 2015 silam. Manajemen klub lalu menawarinya trial atau percobaan dan memasukan namanya langsung ke skuat Primavera.

Di musim ini, ia dipinjamkan ke Perugia, dan pesonanya tidak menurun. Han bahkan tercatat sebagai pemain Korea Utara pertama yang mencetak hattrick di Serie B Italia.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
100%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%