Serie B

Han Kwang-song, Pemain Korut Pertama yang Cetak Hattrick di Italia

Senin, 28 Agustus 2017 18:44 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© legab.it
Han Kwang-Song cetak tiga gol ke gawang Virtus Entella. Copyright: © legab.it
Han Kwang-Song cetak tiga gol ke gawang Virtus Entella.

Han Kwang-song tengah berbahagia. Bukan karena berhasil membawa Perugia unggul 5-1 atas Virtus Entella, namun tiga golnya membuat ia menjadi pesepakbola Korea Utara pertama yang mencatatkan hattrick di Serie B.

Bermain di kandang sendiri, Han membuka keunggulan Perugia di menit ke-9. Pemain pinjaman dari Cagliari itu melesakkan gol usai menerima umpan cantik Cerri.

© Enrico Locci / Stringer / Getty Images
Caption Copyright: Enrico Locci / Stringer / Getty ImagesKwang-song ketika masih berseragam Cagliari dan berhasil cetak gol ke gawang Joe Hart.

Han menambah golnya lagi di menit 40 babak pertama dan 85 babak kedua. Kemenangan telak 5-1 membawa klub yang pernah dibela Ahn Jung-hwan itu bercokol di posisi ke-2, di bawah Pescara yang juga unggul 5-1 oleh lawannya di pertandingan lain.

Bagi Han Kwang-song, catatan tiga gol membuatnya menjadi pemain asal Korea Utara pertama yang berhasil catatkan hattrick di Italia. Hebatnya, pemain berusia 19 tahun itu juga menjadi pemain Korut pertama yang bermain dan mencetak gol di Serie A.

Antonio Razzi, seorang senator yang juga presiden Perugia, mengaku senang dengan Han. Ia bahkan sudah mengirimkan surat kepada Kim Jong-un, pemimpin Korea Utara.

"Saya sudah mengirim pesan kepada pemimpin Kim Jong-un menyusul performa impresif Han Kwang-song. Han mencetak tiga gol di laga perdananya bersama Perugia di Serie B," kata Razzi dikutip dari todaysport.it.

Bakat Han Kwang-song terendus oleh pemandu bakat Cagliari saat tampil membela negaranya di Piala Dunia U-17 tahun 2015 silam. Manajemen klub lalu menawarinya trial atau percobaan dan memasukan namanya langsung ke skuat Primavera.

Tak butuh waktu lama, aksi impresifnya di turnamen Viareggio membuat pelatih Massimo Rastelli berani memanggilnya ke skuat utama. Kedatangannya bahkan mendapat perhatian lebih karena laman resmi klub mengumumkannya ke publik.

"Ia adalah penyerang yang sangat pandai dan punya kemampuan hebat dalam dribel, insting mencetak gol dan visi yang memang merupakan karakteristiknya," tulis Cagliari saat memperkenalkan wonderkid tersebut.

IDS Emoticon Suka
Suka
17%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
33%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
33%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
17%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%