Kena Karma, Malaysia Salah Pasang Bendera Atletnya Jadi 'Milik' Singapura

Senin, 28 Agustus 2017 17:20 WIB
Editor: Ardini Maharani Dwi Setyarini
 Copyright:

SEA Games 2017 di Malaysia menjadi bahan cibiran banyak warganet, terutama dari Indonesia. Semua berawal mula ketika bendera Indonesia dicetak terbalik di buku panduan yang dicetak sebagai suvenir.

Di antara tamu yang datang yakni Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi. Tentu saja itu jadi pemandangan menyedihkan. Dia mengunggah foto bendera terbalik itu dan reaksi bangsa Indonesia pun luar biasa.

Walau warganet menganggap ada unsur kesengajaan namun sebagai bangsa besar, pemerintah secara resmi memberi maaf pada pemerintah Indonesia. 

Ah, sudahlah. Jangan diingat hal yang menyakitkan hati. Lagipula, ketika membaca berita ini, Anda bakal senyum-senyum sendiri dan melupakan kejadian pelecehan bendera oleh Malaysia. Bendera negara peserta SEA Games lainnya juga ikut 'ketuker-tuker', termasuk bendera display untuk atlet Malaysia sendiri pun jadi bendera Singapura. What?!

Aneh tapi nyata, kan. Unggahan video ini bikin Anda yakin bahwa ada yang tidak beres dengan panitia SEA Games tahun ini. Bagaikan menelan karma, atlet renang Malaysia di nomor 50 meter pria gaya bebas bernama Keith Lim Kit Sern harus rela dirinya jadi 'milik' Singapura meski hanya untuk beberapa detik. Nih, simak videonya di menit ke-4 detik ke-17.

Sementara renang di nomor gaya bebas putra 50 dan 100 meter SEA Games selalu menyebutkan nama Richard Sam Bera. Ya, sebelum pensiun dari olahraga renang, perenang terbaik Indonesia ini memang legenda di SEA Games.

Dia selalu merebut emas di nomor tunggal putra. Namanya terekam indah setiap gelaran olahraga Asia Tenggara ini dibuat. Kini Richard memiliki anak emas.

Adalah I Gede Siman Sudartawa merupakan salah satu anak binaan klub miliknya dan sudah mewakili Indonesia pada SEA Games, Asian Games, dan Olimpiade.