Liga Primer Inggris

Newcastle United 1-1 Liverpool: Kembali Gagal Raih 3 Poin

Senin, 2 Oktober 2017 00:31 WIB
Penulis: Frederica | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INDOSPORT
Daniel Sturridge melompat dari hadangan Robert Elliot. Copyright: © INDOSPORT
Daniel Sturridge melompat dari hadangan Robert Elliot.

Liverpool melakoni laga tandang ke markas Newcastle United di pekan ketujuh Liga Primer Inggris, Minggu (01/10/17) malam WIB. The Reds terpaksa kembali mendapatkan satu poin saja usai laga diakhiri dengan skor 1-1.

Babak Pertama

Sejak kick off pertandingan, Newcastle United selaku tuan rumah memainkan pola permainan yang agresif. Jonjo Shelvey yang merupakan mantan pemain Liverpool pun tanpa ampun memberikan perlawanan kepada tim tamu.

Di menit ketiga, Shelvey memberikan serangan tetapi masih bisa diblok oleh Jordan Henderson. Anak asuh Jurgen Klopp pun memanfaatkan kesempatan itu untuk melakukan serangan balik. Sayangnya, Mohamed Salah gagal mengirim tembakan yang berbuah gol.

Shelvey kembali mencoba peruntungannya dengan melepas tembakan dari luar kotak penalti tetapi masih bisa diamankan oleh Simon Mignolet.

Menit ke-23, The Reds mendapatkan peluang. Sepak pojok yang dieksekusi oleh Philippe Coutinho mampu diteruskan oleh Wijnaldum. Sayangnya, sepakan pemain berposisi gelandang itu menghantam mistar gawang.

Gol yang ditunggu-tunggu pun terjadi enam menit berselang. Philippe Coutinho mampu membawa Liverpool unggul satu angka dari tim tuan rumah. Playmaker asal Brasil itu melepaskan tembakan melengkung dari luar kotak penalti yang tidak mampu diantisipasi oleh Robert Elliot. Skor 1-0 untuk The Reds.

Namun sayangnya, keunggulan satu angka itu tidak bertahan lama. Menit ke-36, para pemain Newcastle United mampu menyamakan kedudukan. Adalah Joselu, pemain yang mampu mencatatkan namanya di papan skor.

Usai mendapatkan umpan dari tengah lapangan, Joselu mampu menggiring bola mendekati gawang yang dijaga oleh Mignolet. Beruntung, dirinya lolos dari perangkap offside dan mampu mencetak gol dengan mudahnya. Skor 1-1 sama.

Wasit Craig Pawson pun memberikan tambahan waktu dua menit di paruh babak pertama tetapi tidak ada lagi gol yang tercipta. Skor 1-1 pun bertahan hingga turun minum.

Babak Kedua

Anak asuh Rafael Benitez langsung memperlihatkan permainan agresif di paruh babak kedua. Matt Ritchie langsung melepas umpan silang ke mulut gawang Liverpool. Namun, tangan sigap Mignolet mampu mengantisipasinya dengan baik.

Menit ke-50, The Reds mendapatkan peluang emas untuk menambah angka. Namun, sepakan dari Salah masih melambung tinggi dan gagal berbuah gol.

hingga pertengahan babak kedua, anak asuh Jurgen Klopp masih mendominasi jalannya pertandingan. Mereka mampu menguasai bola mencapai 80 persen. Meskipun begitu, Coutinho dkk beberapa kali juga sempat dibuat kerepotan ketika menghadapi serangan balik dari Joselu dkk.

Permainan alot yang diperlihatkan anak asuhnya membuat Klopp pun mengganti dua pemain sekaligus. Roberto Firmino dan Dominic Solanke diturunkan untuk menggantikan Daniel Sturridge dan Sadio Mane.

Solanke pun langsung memperlihatkan permainan agresif. Menit ke-84, sang pemain hampir saja menyumbang angka jika umpan crossing dari Coutinho mampu diakhiri dengan baik. Sayangnya, sundulan dari dirinya masih melenceng di sisi kiri gawang.

Sang pengadil lapangan pun memberikan tambahan waktu tiga menit. Di babak perpanjangan waktu, Mohamed Diame yang baru diturunkan pada menit ke 90+1 nyaris mencetak gol bagi timnya.

Berada tepat di mulut gawang, pria berusia 30 tahun itu melepaskan tembakan. Sayangnya, bola mengenai kaki Lovren sebelum akhirnya ditangkap oleh Mignolet.

Hingga wasit meniup peluit panjang, tidak ada lagi gol yang mampu diciptakan oleh kedua tim. Liverpool terpaksa kembali mendapatkan satu poin saja.

Susunan pemain kedua tim:

Newcastle United: Robert Elliot, DeAndre Yedlin, Jamaal Lascelles, Ciaran Clark, Javier Manquillo, Jonjo Shelvey, Mikel Merino, Matt Ritchie, Ayoze Perez, Christian Atsu, Joselu.

Liverpool: Simon Mignolet, Dejan Lovren, Joel Matip, Alberto Moreno, Joseph Gomez, Georginio Wijnaldum, Jordan Henderson, Philippe Coutinho, Daniel Sturridge, Mohamed Salah, Sadio Mane.

205