Statistik Menunjukkan, Napoli Berpeluang Juarai Serie A

Selasa, 3 Oktober 2017 16:16 WIB
Editor: Agus Dwi Witono
© Getty Images
Jose Callejon (kiri), Lorenzo Insigne (tengah), dan Marek Hamsik, tiga bintang Napoli. Copyright: © Getty Images
Jose Callejon (kiri), Lorenzo Insigne (tengah), dan Marek Hamsik, tiga bintang Napoli.

Penampilan sempurna ditunjukkan Napoli di Serie A musim ini. Partenopei meraih tujuh kemenangan dari tujuh laga Serie A musim ini. Tim besutan Maurizio Sarri itu pun bercokol di puncak klasemen sementara dengan poin sempurna 21. Unggul dua angka dari Juventus dan Inter Milan.

Media olahraga besar Italia, Gazzetta delo Sport, mengungkapkan grafik peningkatan performa Napoli yang melejit dibanding musim lalu. Setelah melalui tujuh pertandingan pada musim 2016/17, Napoli baru mengoleksi 14 poin.

© Internet
Caption Copyright: InternetMaurizio Sarri.

Saat itu Napoli tertinggal 4 angka dari Juventus yang menjadi juara Serie A musim lalu. Tapi, kini mereka justru mampu unggul 2 angka dari Bianconeri.

Di awal musim lalu, catatan penguasaan bola yang diraih Partenopei mencapai 60 persen. Musim ini, statistik penguasaan bola Napoli meningkat menjadi 64, 75 persen dalam tujuh pertandingan.

Pertahanan Napoli menjadi salah satu poin yang mengalami peningkatan signifikan. Dalam tujuh laga pada dua musim lalu, Napoli mendapat 86 kali tembakan yang dilakukan lawan-lawan mereka.

Jumlah tembakan lawan itu kemudian menurun menjadi 53 pada musim lalu. Jumlah ini semakin menurun pada musim ini. Dari tujuh laga yang telah dilakoni, Napoli hanya mendapatkan 51 kali tembakan.

© INDOSPORT
Napoli juara tiga Audi Cup 2017. Copyright: INDOSPORTNapoli juara tiga Audi Cup 2017.

Peningkatan data statistik tersebut menjadi bukti tak terbantahkan dari performa Napoli musim ini. Tak heran jika Napoli dianggap sebagai kandidat kuat meraih Scudetto musim ini.

Meski jadi unggulan utama, Kalidou Koulibaly mengingatkan rekan-rekannya untuk tidak lupa diri. Performa apik ini merupakan tantangan yang harus dijawab dengan fokus dan konsistensi.

"Kami tampil luar biasa di tujuh laga pertama, dan kami berambisi untuk melanjutkan tren positif ini. Tapi tujuh pertandingan bukanlah apa-apa, karena liga ibarat sebuah maraton. Kami harus menjalani pertandingan demi pertandingan dan melihat ada di mana posisi kami pada Maret atau April nanti," ucap  Koulibaly kepada Goal.com.