Liga 1

15 Klub Mengancam Mogok Minus Persib, Mengapa?

Rabu, 4 Oktober 2017 17:49 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Galih Prasetyo
© Muhammad Adiyaksa/INDOSPORT
Direktur Utama Persija Jakarta, Gede Widiade. Copyright: © Muhammad Adiyaksa/INDOSPORT
Direktur Utama Persija Jakarta, Gede Widiade.

Forum Komunikasi Klub Sepakbola Profesional Indonesia (FKKSPI) yang terdiri dari 15 klub Gojek Traveloka Liga 1 menyatakan tidak tertutup untuk klub-klub yang bergabung. Mereka bertujuan sebagai wadah manyampaikan aspirasi yang selama ini tidak didengar oleh operator kompetisi, PT Liga Indonesia Baru (LIB).

FKPSI menuntut PT LIB untuk menyelesaikan tiga aspek yang mereka anggap terbengkalai. Aspek tersebut merupakan hak peserta kompetisi. Teknis, legal, dan bisnis menjadi aspek yang mereka suarakan.

Selama ini, FKPSI menganggap PT LIB lalai terhadap kewajiban klub. Tiga aspek yang dimaksud FKPSI mencakup 15 poin. Salah satunya adalah transparansi penggunaan anggaran.

© Arif Rahman/Indosport.com
Persib Bandung memilih fokus mempersiapkan diri menghadapi Bali United pada laga kandang Gojek Traveloka Liga 1 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Kamis (21/9/2017). Copyright: Arif Rahman/Indosport.comPersib Bandung memilih fokus mempersiapkan diri menghadapi Bali United pada laga kandang Gojek Traveloka Liga 1 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Kamis (21/9/2017).

15 klub yang mendeklarasikan FKKSPI adalah Arema FC, Barito Putera, Bhayangkara FC, Madura United, Mitra Kukar, Persegres Gresik United, Persela Lamongan, Perseru Serui, Persiba Balikpapan, Persija Jakarta, Persipura Jayapura, PSM Makassar, Borneo FC, Semen Padang dan Sriwijaya FC. Di daftar, tidak ada nama tiga klub Liga 1. Yaitu, Persib Bandung, Bali United, dan PS TNI.

FKPSI menuturkan alasan tidak ada nama ketiga klub tersebut. Mereka yang absen bukan karena tidak diajak. Sebab, FKPSI menganggap faksi ini terbuka untuk setiap klub profesional yang ada di Indonesia.

“Mengapa tiga klub tidak ikut? Ini forum terbuka. Kita welcome untuk klub profesional. Membuka diri untuk memberi masukan. Apakah ada inisiasi dari forum ini? Tidak ada. Kita punya kesamaan tujuan. Ini tidak ada hubungan afisiliasi dengan manapun,” ucap salah satu perwakilan FKKSPI, Gede Widiade dari Persija Jakarta pada konferensi pers di Cafe Blooming, FX Sudirman, Jakarta Selatan, Rabu (04/10/17).

“Ini merupakan klub-klub yang merasa PT LIB belum melakukan tata kelola yang didengungkan oleh Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi dan Presiden Joko Widido. Harapan kami PT LIB bisa merespons agar jelas. Ada perlakuan yang tidak adil,” kata pria berkacamata itu.

Andai tuntutan mereka tidak didengar PT LIB dalam kurun waktu 14 hari, FKPSI mengancam untuk mogok melanjutkan kompetisi. Bila itu terjadi, kejuaraan Liga 1 hanya tinggal menyisakan tiga klub. Yaitu, Persib, Bali United, dan PS TNI.

19