Main Film Soal Nasionalisme, Aryo Wahab Komentari Andri Syahputra

Rabu, 4 Oktober 2017 05:21 WIB
Penulis: Eronika Dwi Pinara | Editor: Rizky Pratama Putra
© zimbio.com
Pesepakbola muda Indonesia di Qatar, Andri Syahputra. Copyright: © zimbio.com
Pesepakbola muda Indonesia di Qatar, Andri Syahputra.

Keputusan Andri Syahputra yang menolak panggilan Timnas Indonesia pada Maret 2017 lalu sempat membawa berbagai komentar dari sejumlah pihak. Keputusan Andri yang enggan memenuhi panggilan seleksi Timnas Garuda U-19 untuk fokus bermain bersama Timnas Qatar berdampak amukan dari warganet.    

Komentar-komentar negatif langsung seketika membanjiri akun sosial medianya, terutama Instagram. Bahkan sampai saat ini, komentar pedas dari para warganet masih menghiasi kolom komentar di akun Instagram pribadinya. 

© Instagram @ariyowahab
Aryo Wahab ikut memberikan komentar terkait Andri Syahputra. Copyright: Instagram @ariyowahabAryo Wahab ikut memberikan komentar terkait Andri Syahputra.

Mengetahui hal itu, Aryo Wahab yang baru saja merilis film terbarunya berjudul 'Merah Putih Memanggil' ini pun memberikan komentarnya. Sebagai aktor yang mendapat kesempatan bermain film dengan tema nasionalisme, Aryo sangat menyayangkan keputusan Andri tersebut. 

"Sangat disayangkan hal yang seperti itu karena seharusnya sih kita membela negara sendiri, bukan malah negara lain,” komentar Aryo Wahab ketika ditemui private screening film 'Merah Putih Memanggil', di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (03/10/17). 

Meski sangat menyayangkan keputusan tersebut, aktor sekaligus musisi kelahiran 1 Juli 1974 tidak sepenuhnya menyalahkan keputusan tersebut hanya pada Andri Syahputra. Aryo mengatakan bahwa yang terpenting adalah kerjasama dari semua pihak untuk kepentingan negara.

“Harusnya sih beberapa pihak turun tangan, pengurus, atau pemain itu sendiri disiapkan mentalnya untuk bela negara, harus kerjasama,” kata mantan personil Ungu itu. 

© AK BijuRaj/Getty Images
Pesepakbola berdarah Indonesia, Andri Syahputra mendapat pujian dari FA ketika membela Timnas Qatar U-18. Copyright: AK BijuRaj/Getty ImagesPesepakbola berdarah Indonesia, Andri Syahputra mendapat pujian dari FA ketika membela Timnas Qatar U-18.

Sebagai seorang yang kurang mengikuti persoalan olahraga, Aryo menambahkan bahwa dirinya tidak berhak ikut campur dan menurutnya keputusan Andri tetap menjadi hak dirinya.

“Mungkin hal itu terjadi karena ada ketidakpuasan, tapi ya tetap aja itu haknya mereka, kebebasan mereka,” kata Aryo Wahab.

Belakangan, Andri Syahputra  masih dipertimbangkan kembali untuk bisa mengubah keputusannya. Indra Sjafri selaku Timnas U-19 Indonesia menyatakan akan memberi kesempatan seleksi bagi Andri Syahputra jika memang tim pelatih kembali membuka peluang tersebut. 

594