Man City Akan Beli Ronaldo atau Messi?

Kamis, 5 Oktober 2017 11:52 WIB
Penulis: Riris Putri Ridaprilia | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

Manchester City, klub besar asal kota Manchester ini  didukung oleh kekuatan finansial dari politisi Uni Emirat Arab yang tentunya tidak akan segan-segan untuk mengucurkan triliunan rupiah untuk memperkuat The Citizens.

Hal tersebut juga diakui oleh gelandang tengah asal Brasil, Fernandinho. Dalam wawancaranya dengan Goal, ia mengatakan bila City mampu untuk membeli Ronaldo dan Messi, namun itu bukan misi The Citizens. Menghambur-hamburkan uang untuk kontrak pemain baru yang mahal bukan menjadi prioritas klub.

© ESPN FC
Messi dan Ronaldo Copyright: ESPN FCMessi dan Ronaldo

Eks pemain Shakhtar Donetsk tersebut didatangkan oleh City dengan nilai transfer sebesar 34 juta poundsterling (Rp609 miliar) dan ia yakin bila harga untuk seorang Ronaldo dan Messi bukanlah nilai fantastis bagi City. Meski begitu, dia ragu bila Manchester City akan membeli Ronaldo ataupun Messi.

"Mampukah City membeli Messi atau Ronaldo? Saya rasa bisa. Tetapi Anda harus mempertimbangkan prioritas klub. Kami punya kekuatan finansial, semua orang tahu itu namun kebutuhan utama tim harus dipertimbangkan," ujarnya pada Goal.

Fernandinho juga berpendapat bila untuk menjadi tim yang kompetitif tidak harus membidik satu pemain untuk bisa mewujudkannya, tim haruslah dibangun dari segala sisi.

"Bertahun-tahun City bekerja keras untuk menciptakan tim kompetitif dan memburu gelar. Tentu saja investasi besar pada awalnya harus dilakukan klub dengan mendatangkan pemain top. Tetapi proyek ini punya dasar yaitu untuk menciptakan sebuah tim yang kuat, membangun struktur akademi yang paten dan melahirkan pemain baru."

"Proyek City lebih dari sekadar membeli pemain tenar, ini akan menghabiskan lebih banyak uang lagi," tegasnya.

© Stu Forster/GettyImages
Gabriel Jesus, penyerang muda Man City. Copyright: Stu Forster/GettyImagesGabriel Jesus, penyerang muda Man City.

Salah satu contoh investasi City adalah pembelian striker Brasil, Gabriel Jesus di tahun 2016. Pemain berusia 20 tahun tersebut mereka dapatkan seharga 27 juta pounds (Rp483 miliar). Kini Gabriel sudah mengoleksi 11 gol dari 16 penampilan di Liga Primer dan dianggap sebagai salah satu striker muda paling menjanjikan di dunia.

Tahun ini sendiri City menghabiskan 200 juta pounds (Rp3,5 triliun) pada bursa transfer musim panas lalu untuk menggaet Kyle Walker dari Tottenham Hotspur, Bernardo Silva, dan Benjamin Mendy dari Monaco, plus kiper Ederson dari Benfica.

646