Tersaji Derby Papua, Berikut Drawing Babak 8 Besar Liga U-19

Rabu, 11 Oktober 2017 21:39 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi telah melakukan undian babak 8 Besar Liga U-19 di Hotel Royal Kuningan, Jakarta, Rabu (11/10/17). Dari delapan klub yang ada, PT LIB membaginya menjadi dua grup dalam pertandingan dengan format home tournament serta setengah kompetisi.

Di Grup A, Bali United U-19 ditunjuk sebagai menjadi tuan rumah, di mana akan ada dua stadion yang dipakai yakni Stadion Kapten Dipta Gianyar dan Stadion Gelora Samudra. Tim Serdadu Tridatu akan bersaing bersama Pusamania Borneo FC U-19, Bhayangkara FC U-19, dan Persela Lamongan U-19.

Sementara itu, Persib Bandung U-19 menjadi tuan rumah untuk Grup B. Maung Bandung akan ditantang Persipura Jayapura U-19, Barito Putera U-19, dan Perseru Serui U-19. Untuk penggunaan stadion sendiri Persib Bandung memilih Stadion Siliwangi, dan Stadion Si Jalak Harupat, Soreang.

"Untuk yang jadi tuan rumah dipastikan Bali United U-19 maupun Persib Bandung U-19 yang akan jadi tuan rumah. Di mana di kota tersebut harus memiliki dua stadion dan salah satunya memiliki lampu. Nantinya kedua klub akan mengirim surat kepada kami stadion mana nanti diputuskan," ujar Risha Adi Wijaya, CEO PT Liga Indonesia Baru.

Babak 8 Besar Liga U-19 ini rencananya mulai bergulir dari 18-24 Oktober 2017. Nantinya dua klub teratas dari masing-masing grup akan maju ke babak semifinal.

© bolaindo
Risha Adi Wijaya Copyright: bolaindoRisha Adi Wijaya.

Untuk membantu kelancaran penyelenggaraan kompetisi, PT LIB siap mengucurkan dana. Persib Bandung dan Bali United, masing-masing akan menerima 100 juta rupiah karena tampil sebagai tim tuan rumah, sedangkan enam klub lainnya mendapat jatah 25 juta rupiah.

“Mereka yang akan menjadi tuan rumah harus menyediakan akomodasi tempat serta transportasi,” tutur Risha Adi Wijaya.

Selanjutnya, pada babak semifinal akan berlangsung secara single match, begitu juga di final. Untuk dua babak terakhir tersebut, PT LIB memilih beberapa stadion yang menjadi calon venue yakni Stadion Pakansari, Stadion Wibawa Mukti, dan Stadion Patriot Chandrabaga.

“Final sendiri akan berlangsung tanggal 1 November. Untuk semifinal masih belum diputuskan. Kita masih melihat situasi terakhir tanggal mana yang tepat dari 24 Oktober hingga 1 November,” jelas Risha.

Berikut hasil undian babak 8 besar Liga U-19:

Grup A: Bali United U-19, Pusamania Borneo FC U-19, Bhayangkara FC U-19, Persela Lamongan U-19

Grup B: Persib Bandung U-19, Persipura Jayapura U-19, Barito Putera U-19, Perseru Serui U-19

469