Liga 1 Indonesia

Bukan Pelatih Asing, Viking Pilih Eks Persija Jakarta untuk Latih Persib Bandung

Rabu, 11 Oktober 2017 16:19 WIB
Editor: Rizky Pratama Putra
© Arif Rahman/Indosport.com
Persib Bandung tengah menyiapkan nama pelatih baru untuk musim depan. Copyright: © Arif Rahman/Indosport.com
Persib Bandung tengah menyiapkan nama pelatih baru untuk musim depan.

Persib Bandung sudah mulai memikirkan untuk mengevaluasi skuatnya jelang musim baru. Meski musim baru belum berakhir, Persib sudah dua kali melempar handuk soal targetnya di Gojek Traveloka Liga 1 musim ini.

Setelah mundur dari persaingan juara, Persib juga tak lagi ngotot untuk bisa meraih posisi lima besar di klasemen akhir. Umuh Muchtar selaku manajer Persib Bandung sudah meminta agar Persib bisa selamat dulu dari ancaman degradasi musim ini.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTManajer Persib Bandung, Umuh Muchtar.

Umuh bahkan sudah mempersiapkan nama pelatih untuk membesut Maung Bandung musim depan. Nama Jacksen F Tiago sempat disebutnya untuk menjadi pengganti Emral Abus musim depan.

"Kami perlu pelatih yang berkharisma. Saya suka Jacksen (Tiago) dengan cara melatihnya yang seperti itu," ujar Umuh dilansir dari Bobotoh.id.

© Persija Jakarta
Pelatih Barito Putera, Jacksen F. Tiago. Copyright: Persija JakartaPelatih Barito Putera, Jacksen F. Tiago diakui diminati oleh Umuh Muchtar.

Namun, Viking Persib Club (VPC) tidak sepaham dengan keinginan Wa Haji, sapaan akrab Umuh. Pendukung setia Persib Bandung ini menyatakan bahwa Persib lebih mengkilap jika ditangani pelatih lokal. 

Hal ini disampaikan langsung oleh Yana Umar selaku dirigen VPC. Yana menilai bahwa Persib memiliki sejarah buruk di tangan pelatih asing.

"Kesuksesan Persib menurut saya ada di tangan pelatih lokal. Kalau asing masih meragukan. Apalagi pelatih asing yang track record-nya jelek di klub sebelumnya, jangan sampai ke Persib," ujar Yana seperti dikutip dari Bola.com.

© Ginanjar/Indosport.com
Caption Copyright: Ginanjar/Indosport.comRahmad Darmawan disebut Yana Umar cocok sebagai pelatih Persib Bandung musim depan.

"Musim depan Persib harus dipegang pelatih lokal. Saya pribadi menilai sosok Rahmad Darmawan jadi pelatih yang tepat bagi Persib," kata Yana.

Rahmad Darmawan sendiri merupakan salah satu pelatih yang memiliki rekam jejak sukses di tanah air. Selain pernah menangani Timnas U-23 dan senior ini juga sempat menjadi pelatih klub sekelas Persipura Jayapura, Sriwijaya FC, dan Persija Jakarta.

Kini pelatih yang akrab disapa RD ini memang masih terikat dengan T-Team di Liga Malaysia. Namun, beberapa kali Umuh dan RD sempat terlibat pertemuan sebelum Liga 1 dimulai.

1.3K