Ada Peran Nenek Nekat di Balik Lolosnya Panama ke Piala Dunia 2018

Jumat, 13 Oktober 2017 10:59 WIB
Penulis: Frederica | Editor: Rizky Pratama Putra
© INDOSPORT
Pemain Panama, Anibal Godoy berselebrasi usai timnya dipastikan lolos ke Piala Dunia 2018. Copyright: © INDOSPORT
Pemain Panama, Anibal Godoy berselebrasi usai timnya dipastikan lolos ke Piala Dunia 2018.

Tim Nasional (Timnas) Panama berhasil lolos ke Piala Dunia 2018 untuk pertama kalinya. Catatan sejarah yang berhasil ditorehkan itu tentunya membuat seluruh warga Panama merasakan sukacita.

Bahkan, Presiden Panama, Juan Carlos Varela pun sampai-sampai menjadikan hari Rabu sebagai hari libur nasional. Sebab, pada Rabu (11/10/17) pagi hari WIB kemarin itu, Los Canaleros mampu meraih kemenangan atas Kosta Rika dengan skor tipis 2-1 dan memastikan lolos ke Rusia.

© INDOSPORT
Pemain Panama berebutan bola dengan pemain Kosta Rika. Copyright: INDOSPORTPemain Panama berebutan bola dengan pemain Kosta Rika.

Namun nyatanya, keberhasilan Panama untuk unjuk gigi di kompetisi sepakbola akbar dunia itu mendapatkan 'bantuan' dari seorang nenek.

Pasalnya, perempuan tua itu yang diketahui pendukung setia Panama melakukan aksi untuk memastikan negaranya meraih satu tiket ke Rusia.

Saat itu, The Canal Men sudah unggul 2-1 atas The Tricolor. Namun, wasit memberikan tambahan waktu, yang mana bukan hal mustahil bagi tim tamu untuk menyamakan kedudukannya dengan Panama.

Oleh karena itu, sang nenek yang tidak ingin melihat negaranya kembali gagal beranjak dari babak kualifikasi pun melakukan aksi dengan berlari ke lapangan hijau. Menilik video yang dilansir Marca (12/10/17), dirinya diketahui berpura-pura terjatuh dan pingsan di tengah lapangan dengan tujuan untuk membuang-buang waktu pertandingan yang tersisa beberapa menit saja.

Meskipun pada akhirnya dirinya ditangkap dan dikeluarkan dari lapangan oleh para petugas keamanan, aksi nyeleneh tersebut setidaknya membantu Panama memastikan kejayaannya dengan tidak ada lagi gol yang tercipta dan berakhir 2-1.

Tindakan dari sang nenek itu sebenarnya bukan satu-satunya yang tersaji pada laga akhir babak Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona CONCACAF tersebut. Sebelumnya, seorang pemain Panama yang tengah duduk di bangku cadangan juga diketahui melakukan aksi guna meyakinkan kemenangan timnya.

Saat itu, laga sudah memasuki menit 90 dan tim Kosta Rika mendapatkan kesempatan untuk memberikan lemparan dari luar lapangan. Salah satu pemain cadangan Panama itu dengan cepat langsung berlari dan menendang jauh si kulit bundar hingga ke tribun penonton guna mengulur-ulur waktu pertandingan.

2.1K