Piala Dunia 2018, Panggung Terakhir Iniesta

Sabtu, 14 Oktober 2017 11:23 WIB
Penulis: Riris Putri Ridaprilia | Editor: Yohanes Ishak
© INDOSPORT
Andres Iniesta, playmaker sekaligus kapten Timnas Spanyol. Copyright: © INDOSPORT
Andres Iniesta, playmaker sekaligus kapten Timnas Spanyol.

Piala Dunia 2018 bisa saja menjadi Piala Dunia yang terakhir bagi Andres Iniesta. Pemain Barcelona itu mengatakan bila dirinya mungkin akan pensiun dari Tim Nasional (Timnas) Spanyol di tahun 2018.

Setelah menjadi pemain kunci sekian lama untuk La Roja, Don Andres merasa pertarungan di Rusia nanti adalah panggung internasional terakhir untuk dirinya. Perjalanan Iniesta bersama Spanyol memang luar biasa, bahkan dirinya lah yang membantu Spanyol menjadi juara dunia pada Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, setelah menyarangkan bola ke gawang Belanda.

Dengan kontribusinya itu, setiap kali Barcelona bertandang ke kandang klub Lawan di tanah Spanyol, Iniesta selalu mendapat tepuk tangan dari suporter tuan rumah.

Don Andres menyadari jika usianya sudah mulai ‘berbicara’, di usia yang ke-33 ini Iniesta menandatangani kontrak seumur hidupnya dengan Barcelona.

© Twitter/@FCBarcelona
Andres Iniesta resmi perbarui kontrak di Barcelona. Copyright: Twitter/@FCBarcelonaAndres Iniesta resmi perbarui kontrak di Barcelona.

Dikutip dari AS, Iniesta menuturkan, “Saya realistis. Ada peluang besar Piala Dunia (2018) ini akan menjadi ajang terakhir saya bersama tim nasional (Spanyol).” Iniesta melanjutkan “Saya menyadari saat ini, usia saya semakin tua. Tapi kita akan melihat bagaimana segala sesuatu berkembang. Masih ada sekian bulan lagi yang harus dilakukan sampai Piala Dunia; dan semoga semuanya berjalan dengan baik sehingga saya bisa berada di Rusia.”

Jika memang pemain Barca bernomor punggung 8 ini pensiun, apakah dia juga pensiun dari Barcelona? Pertanyaan tersebut dijawabnya dengan tenang.

“Gagasan kontrak dengan Barca adalah mengevaluasi penampilan saya setiap musim; apakah saya masih bisa tampil seperti harapan saya sebagai pemain. Saat ini saya masih merasa sempurna pesepakbola, dan belum memiliki visi untuk beberapa tahun ke depan.”

517