Alasan Luis Milla Dukung Adanya Sepakbola Wanita di Indonesia

Kamis, 19 Oktober 2017 13:05 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Yohanes Ishak
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Luis Milla pelatih Timnas U-22 dan Senior. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Luis Milla pelatih Timnas U-22 dan Senior.

Pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla baru-baru ini menyatakan sikap mendukung penuh pengembangan sepakbola wanita di Indonesia.

Pelatih 51 tahun itu menilai di era sepakbola modern, wanita juga berhak mendapatkan kesempatan yang sama dengan pria untuk memaksimalkan potensi di dunia sepakbola.

Dalam acara diskusi 'Mengejar Pentas Dunia', Rabu (18/10/17) malam kemarin, Luis Milla terlihat sangat antusias ketika salah satu pengurus Sekolah Sepakbola Wanita (SSB) mengkritisi terkait minimnya kompetisi untuk sepakbola wanita di Tanah Air.

Rupanya pelatih asal Spanyol itu memiliki alasan yang kuat mendukung adanya sepakbola wanita di Indonesia.

© Herry Ibrahim/Indosport
Pelatih Timnas U-22, Luis Milla. Copyright: Herry Ibrahim/IndosportLuis Milla mendukung sepakbola wanita di Indonesia.

Menurut Milla, wanita justru memiliki motivasi lebih saat menjalani latihan. Pesepakbola wanita justru dinilai sering berlatih lebih keras, karena itulah kenapa sepakbola wanita di Indonesia harus mendapat perhatian lebih dari federasi dan pihak terkait.

"Saya bisa katakan ketika wanita ingin bermain, mereka (wanita) memiliki determinasi, kemauan dan kadang berlatih dan bekerja lebih keras bahkan lebih dari laki-laki," urai Milla.

"Di sini saya katakan sepakbola wanita harus ada dan saya mendukung. Kenapa di Indonesia tidak dikembangan? mereka punya kesempatan yang sama dan tidak kalah dari laki-laki," tutupnya.

Luis Milla menegaskan Indonesia bisa mencontoh negara asalnya Spanyol, yang juga belum lama mengembangkan sepakbola wanita. Pada 5 hingga 10 tahun lalu, sepakbola wanita di Negeri Matador sangat sepi peminat.

© Istimewa
Tim Nasional Sepakbola Wanita Thailand. Copyright: IstimewaTim Nasional Sepakbola Wanita milik Thailand.

Kendati demikian, karena mendapat perhatian khusus dari pemerintah, khususnya RFEF (PSSI-nya Spanyol), sepakbola wanita di Spanyol berkembang pesat. Bahkan kini kompetisi sepakbola wanita di Spanyol sudah disiarkan di televisi.

Sebagai informasi, PSSI di bawah kepengurusan periode 2016-2020 berusaha memberikan perhatian lebih kepada perkembangan sepakbola wanita yang kerap terlupakan.

PSSI juga sudah menyelenggarakan turnamen sepakbola wanita Piala Putri Nusantara di Jepara pada Maret 2017, yang dijuarai oleh tim Bangka Belitung (Babel).

Setelah itu, PSSI sudah mengirimkan skuat Timnas Indonesia U-15 putri yang dilatih Rully Nere ke Piala AFF Putri U-15 awal Mei 2017 lalu.

242