Piala Dunia U-17

Mengenal Amine Gouiri, The Next Griezmann

Kamis, 19 Oktober 2017 18:29 WIB
Editor: Galih Prasetyo
© uefa.com
Amine Gouiri, striker muda Timnas Prancis. Copyright: © uefa.com
Amine Gouiri, striker muda Timnas Prancis.

Gelaran Piala Dunia U-17 India 2017 sudah memasuki babak perempatfinal.Dari sekian banyak pemain yang berlaga, ada satu nama yang menarik untuk dikulik lebih dekat. Dia adalah top skor sementara Amine Gouiri. Dengan 5 gol yang dicetaknya masing-masing ke gawang Kaledonia Baru (2 gol), Honduras (1 gol), dan Jepang (2 Gol), Gouri berhasil memuncaki daftar pencetak gol Piala Dunia U-17 2017. Selain menjadi top skor, ia juga berhasil mengantar timnya melaju ke babak 16 besar, sebelum dikalahkan oleh Spanyol.

Bukan kali ini saja Amine Gouiri menjadi top skor, pada perhelatan UEFA U-17 Euro 2017 bulan Mei lalu, Gouiri mampu unggul dalam jumlah raihan gol dengan 8 golnya. Meskipun gagal mengantar Perancis melaju ke semifinal, namun torehan gelar top skore tersebut sudah cukup untuk menjadikan Gouri seorang wonderkid.

© uefa.com
Amine Gouiri, striker muda Timnas Prancis. Copyright: uefa.comAmine Gouiri, striker muda Timnas Prancis.

Dengan permainan apik yang ditunjukkan Gouiri dalam setiap pertandingan, tak heran kini skill olah bolanya disamakan dengan seniornya di Timnas Perancis, Antoine Griezmann. Pemain bernomor punggung 9 yang bermain untuk Lyon U-19 ini mendapat banyak pujian dalam gelaran Piala Dunia U-17 India 2017.

Bahkan beberapa media Inggris melansir bahwa pelatih Arsenal Arsene Wenger tertarik untuk memboyongnya ke Emirates. Arsenal bahkan sudah mengirimkan  tim pencari bakatnya, untuk mengamati lebih jauh permainan Gouiri. Selain Arsenal, klub asal Italia AC Milan juga menyatakan ketertarikannya. Patut dinanti ke klub mana selanjutnya Gouiri akan berlabuh, meskipun kontraknya di Lyon baru akan habis pada 2020 mendatang.

Amine Gouiri dilahirkan pada 16 Februari 2000 di kota Bourgoin-Jallieu, dan saat ini berusia 17 tahun. Meski masih 
belia Gouiri memiliki postur yang bagus seperti pemain Eropa pada umumnya. Dengan tinggi 178 cm, dan berat badan 76 kg,  serta spesialisasi kaki kanan menjadikannya sosok striker yang ideal.

Gouiri mengawali karir profesionalnya bersama Lyon U-19 pada 2014, dua tahun kemudian tepatnya pada September 2016 mendapat kesempatan perdana untuk berlatih bersama tim utama Lyon. Di Timnas Perancis, pemain berwajah tampan ini sudah  bergabung dengan Timnas Perancis U-16 dan U-17. 

Menarik untuk menantikan perkembangan Gouri di masa mendatang, baik bersama klub ataupun Tim Ayam Jantan Perancis. 

© uefa.com
Amine Gouiri, striker muda Timnas Prancis. Copyright: uefa.comAmine Gouiri, striker muda Timnas Prancis.

Penulis: Arman Ranala

1