Piala Dunia U-17

Mengintip Kemegahan Venue Piala Dunia U-17 India

Kamis, 19 Oktober 2017 13:40 WIB
Editor: Galih Prasetyo
© skyscrapercity.com
Vivekananda Yuba Bharati Krirangan (VYBK) Copyright: © skyscrapercity.com
Vivekananda Yuba Bharati Krirangan (VYBK)

Stadion merupakan salah satu faktor penting dalam pertandingan olahraga, terutama sepakbola. Bahkan stadion merupakan hal utama yang harus dimiliki oleh sebuah negara agar dapat mengajukan diri menjadi tuan rumah sebuah event olahraga.

Secara etimologi stadion berasal dari sebuah kata dalam bahasa Yunani, yakni satuan pengukuran yang setara dengan panjang 186 meter, atau dalam bahasa inggris disebut stadium. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) stadion berarti lapangan olahraga yang dikelilingi tempat duduk. Secara umum stadion berarti lapangan atau tempat olahraga, dengan atau tanpa atap yang dikelilingi oleh bangku-bangku sebagai tempat duduk penonton.

Pada zaman yunani kuno stadion digunakan sebagai tempat perlombaan lari. Sedangkan pada zaman romawi, stadion digunakan sebagai arena balap kuda. Stadion tertua di dunia adalah Stadion Olympia, Yunani, stadion ini menjadi tempat penyelenggaraan Olimpiade kuno sejak tahun 776 SM.

Selanjutnya perkembangan stadion melaju pesat, tidak hanya dari segi bentuk dan fasilitas stadion namun juga dari fungsinya. Selain menggelar pertandingan olahraga, stadion modern juga digunakan sebagai arena konser musik, kampanye politik, atau kegiatan militer. Tak terkecuali stadion-stadion yang menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2017 di India.

Berikut ini 6 stadion yang menjadi venue Piala Dunia U-17 2017 India yang telah dirangkum oleh INDOSPORT:

Penulis: Arman Ranala

1.3K