Piala Dunia U-17

Perempat Final Piala Dunia U-17: Dari Final Dini hingga Derby Afrika

Jumat, 20 Oktober 2017 00:15 WIB
Editor: Galih Prasetyo
© INDOSPORT
Skuat Brasil U-17. Copyright: © INDOSPORT
Skuat Brasil U-17.

Penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2017 telah memasuki babak perempat final. Kedelapan tim yang lolos ke perempat final adalah Jerman, Inggris dan Spanyol dari benua Eropa. Amerika Serikat dan Brazil masing-masing dari amerika utara dan selatan. Tak ketinggalan dua negara benua Afrika yaitu Mali dan Ghana. Dan satu-satunya wakil benua Asia di perempatfinal, Iran.

Kedelapan tim akan memperebutkan 4 kursi menuju semifinal. Dari 4 pertandingan yang akan berlangsung ada dua laga yang patut mendapat sorotan, yaitu laga Brazil kontra Jerman, serta derby afrika Ghana versus Mali. 

Big match antara Brazil melawan Jerman di perempatfinal ini disebut-sebut sebagai laga final yang terlalu dini. Bagaimana tidak, Brazil yang sudah pernah menjadi juara sebanyak 3 kali dalam gelaran Piala Dunia U-17, harus menghadapi para panser muda Jerman. Laga ini diprediksi akan berlangsung ketat. 

© INDOSPORT
Skuat Jerman U-17. Copyright: INDOSPORTSkuat Jerman U-17.

Brazil yang di 16 besar menang melawan Honduras 3-0, diperkirakan akan menurunkan kekuatan penuh melawan Jerman yang juga menang besar 4-0 atas Kolombia di babak 16 besar. Jerman yang belum sekalipun menjuarai turnamen ini juga tak mau kalah, tim asuhan Christian Wueck ini bertujuan memenangi laga kontra Brazil, sebagai bagian dari tujuan utama mereka mengembangkan pemain berkelas bagi timnas senior di masa depan. 

Di laga lainnya dua tim asal afrika Mali dan Ghana saling berhadapan dalam laga bertajuk derby benua hitam. Apa yang membuat laga ini menarik? Ghana yang sudah dua kali menjadi juara dunia U-17 dan dua kali menjadi runner-up akan menghadapi sesama tim asal afrika, Mali. 

Ghana yang berambisi meraih gelar ketiga akan berusaha sekuat tenaga mengalahkan Mali yang merupakan runner-up di gelaran sebelumnya (Piala Dunia U-17 2015 Chile). Pertandingan ini diprediksi akan menyajikan pertandingan dengan tempo cepat khas afrika, serta duel antar pemain yang ketat. 

Dua pertandingan tersisa yang tak kalah menarik adalah pertemuan Amerika Serikat kontra Inggris, dan duel antara tim Spanyol melawan satu-satunya wakil asia, Iran. Di laga sebelumnya Amerika Serikat menang mudah 5-0 atas Paraguay, sebaliknya Inggris harus bersusah payah menang melawan Jepang melalui adu penalti. 

Penulis: Arman Ranala

846