Bola Internasional

Eks Pemain Stoke City Dukung Pemain Gay di Sepakbola

Senin, 23 Oktober 2017 20:44 WIB
Penulis: Riris Putri Ridaprilia | Editor: Joko Sedayu
© INDOSPORT
LGBT dalam tribun penonton. Copyright: © INDOSPORT
LGBT dalam tribun penonton.

Mantan pemain Stoke City, Carl Hoefkens mengaku sangat menyayangkan isu LGBT yang masih tabu di dunia sepakbola di mana ia bermain bersama beberapa orang pemain yang merupakan gay atau penyuka sesama lelaki.

Dalam wawancaranya bersama De Zondag, pemain bertahan yang sudah mencetak 24 gol selama karirnya tersebut mengatakan jika dia bermain bersama seorang gay di liga domestik Belgia.

“Saya bermain bersama 3 pemain sepakbola, salah satunya memiliki nama besar. Mereka tidak menyembunyikan diri mereka yang sebenarnya di kamar ganti. Satu orang saat saya bermain di Club Brugge dan 2 lainnya di Inggris. Saya tidak bisa menyebutkan siapa mereka, saya menghormati permintaan mereka.”

© -
Carl Hoefkens Copyright: -Carl Hoefkens

“Salah satu dari mereka bahkan dating saat latihan dengan kekasih lelakinya. Mereka meminta saya untuk tidak membocorkannya ke dunia luar, jangan tanya kenapa. Menurut saya itu aneh jika homoseksual masih tabu di dunia sepakbola. Saying sekali.”

Ayah dari 2 orang anak ini sempat berpose untuk sebuah majalah khusus gay saat kekerasan terhadap homoseksual terjadi lagi, dan dia juga berharap jika ketabuan isu homoseksual pada pesepakbola dapat segera berakhir.

© -
Carl Hoefkens berpose untuk majalah gay. Copyright: -Carl Hoefkens berpose untuk majalah gay.

“Saya tidak ragu untuk berpose untuk majalah tersebut. Orang tua saya mengajarkan jika setiap orang itu sama, termasuk orientasi seksual mereka,” tegasnya.

“Saya harap para pemain top suatu hari nanti akan dengan tegasmengatakan: ‘Saya gay, lalu kenapa?’ dan ketabuan itu akhirnya akan berakhir. Jika saya penyuka sesama jenis, tentu saya akan melakukan itu. Ini adalah sesuatu yang sudah umum diterima oleh lingkungan.”

72