Bukan Ronaldo, tapi Zidane yang Terbaik di Sepakbola

Selasa, 24 Oktober 2017 08:14 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INDOSPORT
Zinedine Zidane dan Cristiano Ronaldo meraih penghargaan pelatih dan pemain terbaik FIFA 2017. Copyright: © INDOSPORT
Zinedine Zidane dan Cristiano Ronaldo meraih penghargaan pelatih dan pemain terbaik FIFA 2017.

Megabintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, menjadi yang terbaik dalam penghargaan The Best FIFA Football Awards 2017 untuk kategori pesepakbola pria. Penyerang Timnas Portugal itu berhasil mengalahkan dua pesaingnya, Lionel Messi dan juga Neymar.

Raihan The Best FIFA Football Awards ini merupakan yang kedua untuk mantan pemain Manchester United, setelah sebelumnya pernah ia raih juga pada awal tahun 2017 ini. Kemenangannya kali ini seakan membuat pria 32 tahun itu adalah yang terbaik dalam olahraga sepakbola.

Hal tersebut tak lepas dari berbagai penghargaan individual yang ia peroleh selama ini. Tercatat, ia telah meraih dua The Best FIFA Football Awards, serta masing-masing empat Ballon d’Or dan UEFA Best Player.

© INDOSPORT
Cristiano Ronaldo, raih penghargaan FIFA Best Men Player 2017. Copyright: INDOSPORTCristiano Ronaldo, raih penghargaan FIFA Best Men Player 2017.

Namun nyatanya, Ronaldo bukanlah yang terbaik dalam ranah sepakbola. Dirinya masih belum mampu menyamai apa yang telah diraih oleh pelatihnya di Real Madrid, Zinedine Zidane.

Memang, secara raihan gelar individual Zidane kalah jauh oleh Ronaldo. Legenda Timnas Prancis itu ‘hanya’ memenangkan satu UEFA Best Player dan tiga Ballon d’Or. Akan tetapi, gelar individual bukanlah sebuah tolak ukur Ronaldo menjadi yang terbaik di ranah sepakbola.

© INDOSPORT
Ronaldo dan Zidane di pinggir lapangan. Copyright: INDOSPORTRonaldo dan Zidane di pinggir lapangan.

Dalam olahraga sepakbola, pemain dan pelatih merupakan elemen internal yang penting dalam sebuah klub. Tanpa taktik seorang pelatih, sang pemain belum tentu mengeluarkan yang terbaik di atas lapangan.

Sejak naik jabatan dari pelatih Real Madrid Castilla menjadi Real Madrid Senior di tahun 2016, tercatat dirinya telah banyak memenangkan gelar untuk Los Blancos. Dirinya pun menjadikan Ronaldo sebagai yang terbaik di tahun tersebut, dengan meraih penghargaan UEFA Best Player dan Ballon d’Or setelah sempat absen sejak tahun 2014.

© Twitter
Zinedine Zidane jadi pelatih terbaik versi FIFA. Copyright: TwitterZidane jadi pelatih terbaik versi FIFA, yang mana dirinya juga sempat menjadi yang terbaik ketika masih sebagai seorang pemain.

Selain itu, satu hal yang belum mampu dikalahkan oleh Ronaldo adalah meraih penghargaan The Best FIFA Awards untuk kategori pelatih pria. Apa yang diraih oleh Zidane membuat dirinya sebagai yang terbaik dalam ranah sepakbola, karena pernah meraih gelar individual sebagai pemain maupun pelatih.

Ronaldo bisa saja menjadi yang terbaik sebagai seorang pesepakbola, namun dirinya belum tentu menjadi yang terbaik dalam dunia sepakbola karena olahraga bukan sekadar pemain saja.

1.7K