Liga 1 Indonesia

PSM Makassar 3-1 Persiba Balikpapan: Naik ke Puncak

Selasa, 24 Oktober 2017 17:18 WIB
Editor: Rizky Pratama Putra
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Hasil pertandingan PSM Makassar vs Persiba Balikpapan. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Hasil pertandingan PSM Makassar vs Persiba Balikpapan.

PSM Makassara tampil dominan sejak awal babak pertama. Serangan demi serangan terus dilakukan Zulham Zamrun dan kawan-kawan ke lini pertahanan Persiba Balikpapan.

Namun usaha mereka baru berhasil di menit ke-15 melalui Rizky Pellu. Berawal dari sebuah sepak pojok Ferdinan Sinaga, gelandang Skuat Juku Eja tersebut mampu membobol gawang Persiba melalui sundulan kepalanya.

Pada menit ke-33, Ferdinan Sinaga hampir saja menambah keunggulan. Namun sayang upayanya masih gagal membuahkan hasil.

Hingga babak pertama usai tak ada lagi gol yang tercipta. Tuan rumah mampu mempertahankan keunggulan hingga jeda babak pertama.

Memasuki babak kedua, Persiba yang mencoba keluar dari zona degradasi mencoba bermain lebih menyerang. Akhirnya, Junior Lopez mampu menyamakan kedudukan di menit ke-57.

Sama seperti gol tuan rumah, gol Junior juga berawal dari skema sepak pojok. Kali ini pemain asal Brasil tersebut melepaskan tendangan keras untuk membuat gol penyama kedudukan.

Lima menit kemudian, PSM mampu kembali unggul melalui Ferdinan Sinaga. Eks pemain Persib ini mampu lepas dari jebakan off side setelah menerima umpan dari Wiljan Pluim.

Ferdinan pun dengan mudah mengecoh kiper untuk kembali membawa tuan rumah unggul. Keunggulan ini semakin membuat permainan PSM kian dominan.

Empat menit sebelum laga usai, Ferdinan kembali unjuk kebolehan dengan mencetak gol keduanya. Gol ini dibuat dengan skema yang juga persis dengan terjadinya gol kedua.

Mengandalkan kelincahannya, mantan pemain Timnas Indonesia ini juga kembali berhasil mengecoh kiper dengan sentuhannya. Kedudukan ini pun berhasil dipertahankan hingga akhir laga.

Hasil ini membawa anak asuh Robert Rene Alberts tersebut melaju untuk memuncaki klasemen sementara. Sedangkan Persiba Balikpapan semakin terbenam di zona degradasi.

Susunan Pemain:

PSM Makassar: Rivki Mokodompit (PG); Zulkifli Syukur, Steven Paulle, Hamka Hamzah, Wasyiat Hasbullah, Marc Klok (M. Arfan 90’), Rizky Pellu, Willem Jan Pluim, Zulham Zamrun, Ferdinand Sinaga, Pavel Purishkin (M. Rahmat 46').

Persiba Balikpapan: Yoewanto Stya Beny (PG); Yudi Khoerudin, Lourival Junior Lopes (Hendri Satriadi 71'), Absor Fauzi, Iqbal Samad, Alfath Faathier, Bryan Cesar (Bijahil Chalwa 67'), Anmar Almubaraki, Srdjan Lopicic, Muhammad Ilhamul Irhaz, Maldini Pali (Siswanto 81').

432