Aklimatisasi di Lembang, Ini Syarat Utama Agar Pemain Timnas U-19 Tetap Fit

Rabu, 25 Oktober 2017 14:21 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INDOSPORT/Herry Ibrahim
Pemain Timnas U-19 melakukan selebrasi. Copyright: © INDOSPORT/Herry Ibrahim
Pemain Timnas U-19 melakukan selebrasi.

Timnas Indonesia U-19 saat ini tengah menjalani pemusatan latihan di Lapangan Football Plus Arena Lembang, Jawa Barat. Hal itu sebagai solusi untuk menyesuaikan diri aklimatisasi atau dengan cuaca dingin lantaran Skuat Garuda Nusantara akan mengikuti kualifikasi Piala Asia U-19 di Korea Selatan.

Dokter Timnas U-19, Ifran Akhmad menjelaskan saat ini semua pemain dalam kondisi baik. Sedangkan pilihan untuk menjalani latihan di Lembang dilakukan agar pemain Timnas U-19 tidak kaget dengan cuaca dingin ketika tiba di Korea Selatan nanti.

"Alhamdulillah kondisi tim baik-baik saja, ini lagi di Lembang untuk persiapan ke Korea, agar anak-anak bisa adaptasi cuaca di sana nanti. Agar mereka tidak kaget dengan kondisi disana," tuturnya saat dihubungi INDOSPORT.

Tak hanya itu, Dokter Ifran Akhmad juga memberikan satu pesan utama bagi Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan. Para pemain Skuat Garuda Nusantara diminta untuk menjaga pola makan dan istirahat agar kondisi tubuh mereka tetap fit saat berada di cuaca berbeda di Korea Selatan.

"Dan yang paling penting itu dijaga pola makan, istirahat yang cukup serta konsumsi multivitamin, karena itu sangat membantu agar tubuh mereka tetap bugar saat berada di sana nanti," tutupnya.

© INDOSPORT
Timnas Indonesia U-19 Copyright: INDOSPORTTimnas Indonesia U-19

Di sisi lain, meski sudah melakukan usaha maksimal untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan dingin, pelatih Indra Sjafri menyatakan kurang puas. Menurut mantan pelatih Bali United itu, cuaca dan udara di Lembang, Jawa Barat belum mewakili keadaan di Korea Selatan.

"Jelas, kurang dingin di sini (Lembang) daripada di Korea," katanya.

Akan tetapi, Indra Sjafri tidak terlalu terpengaruh dengan keadaan itu. Pelatih berusia 54 tahun ini berharap masa persiapan yang dilakukan berjalan sesuai rencana.

"Kita tunggu lah, karena ini baru latihan satu kali. Yang jelas ke-23 pemain yang kita bawa sudah siap semua," pungkasnya.