Resmi Dapat Lisensi Klub Profesional, Persib Belum Bicara Soal AFC Cup

Kamis, 26 Oktober 2017 18:49 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Agus Dwi Witono
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Persib
Logo Persib Bandung. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Persib
Logo Persib Bandung.

Sekertaris tim Persib Bandung, Yudiana, mengakui mamajemen PT Persib Bandung (PBB) sudah menerima surat resmi mengenai lisensi sebagai klub profesional dari Club Licensing Committee (CLC) PSSI.

Hal itu tertuang dalam surat keputusan bernomor 004/CLC- PSSI/X/2017 tertanggal 25 Oktober 2017. Dalam proses lisensi yang dimulai 1 April 2017 itu, Persib dinyatakan lolos dalam 33 kriteria A yang meliputi aspek Sporting, Infrastructure, Personnel & Administration, Legal, dan Financial.

Persib juga dinyatakan lolos oleh CLC untuk 8 kriteria B yang meliputi Grasroot Programmes, Educational Programmes, hingga Duty to Update Future Financial Information. "Sudah kita terima suratnya," kata Yudi melalui pesan singkat, Jumat (26/10/17).

© Arif Rahman/INDOSPORT
Skuat Persib Bandung melakukan sesi foto dengan mengenakan no 1 Choirul Huda sebelum kick off. Copyright: Arif Rahman/INDOSPORTSkuat Persib Bandung melakukan sesi foto dengan mengenakan no 1 Choirul Huda sebelum kick off.

Menurut Media Officer Persib, Irfan Suryadireja, penilaian tersebut hampir sama dengan yang diperoleh pada 2014. Saat itu tim Maung Bandung juga mendapatkan lisensi sebagai klub profesional, hanya saja persyaratan kali ini dikirim secara online

"Dari 2014 ketika Persib ke AFC sampai sekarang masih itu sama. Persib saat ini mengantongi status lisensi profesional sama kayak di 2014, jadi enggak ada yang berubah (secara) signifikan," ucap Irfan.

"Cuma dulu manual sekarang online. Kalau isi materinya tetap sama. Jadi ketika persyaratan diminta, istilahnya Persib hanya scan saja, kan ada batas waktunya jadi kita scan. Kalau dulu bundelan fotocopy, sekarang persyaratannya tinggaal di-scan lalu upload, aspek tak ada yang berubah," jelas dia. 

Dengan diberikannya lisensi klub profesional oleh CLC PSSI ini, maka Persib sudah lolos dalam persyaratan keikutsertaan klub di AFC Club Competition 2018.

Menanggapi hal itu, manajemen Persib sejauh ini masih fokus menyelesaikan kompetisi Gojek Traveloka yang tinggal menyisakan empat pertandingan lagi. Persib sendiri saat ini berada di peringkat 12, sedangkan jatah play-off Champions Asia untuk juara Liga, sementara peringkat ke-2 dan ke-3 ke AFC Cup. 

© Arif Rahman/INDOSPORT
Duel udara Pemain Persib Bandung melawan Madura United. Copyright: Arif Rahman/INDOSPORTDuel udara Pemain Persib Bandung melawan Madura United.

"Kita enggak bicara ke AFC dulu. Persyaratan ke AFC Cup itu harus lolos klub lisensi profesional. Persib memang sudah lolos persyaratan itu tapi secara peringkat kita tidak lolos," ucapnya. 

"Kita lihat dulu lihat hasil akhir kompetisi seperti apa, persyaratan AFC seperti apa, belum ada. Cuma katanya wakil dari Indonesia ke AFC adalah juara liga ke play-off Champion, kedua ke AFC Cup, ketiga posisi menunggu," jelasnya. 

365