Mantan Kiper Persebaya Bawa Klubnya Juara Liga China

Kamis, 26 Oktober 2017 00:22 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Yohanes Ishak
 Copyright:

Kiper yang pernah membela Persebaya era 2005, Zeng Cheng, sukses membuat prestasi bersama klub raksasa Liga China, Guangzhou Evergrande dengan menjuarai Liga Super China 2017, Minggu (22/10/17) lalu.

Cheng memiliki perang vital di lini pertahanan Guangzhou. Sehingga dirinya hampir tak tergantikan mengawal mistar tim yang diarsiteki Luiz Filipe Scolari.

© INTERNET
Kiper Timnas China,  Zeng Cheng Copyright: INTERNETKiper Timnas China, Zeng Cheng

Gelar juara yang Cheng dapat kali ini menjadi yang kelima bersama tim yang berjuluk Harimau Cina Selatan. Sedangkan untuk klub yang dibelanya, gelar ini menjadi yang ketujuh direngkuh Guangzhou. 

Cheng sendiri telah membukukan 27 penampilan dari 28 laga di Liga Super China musim ini. Selain itu kiper berusia 30 tahun itu juga tampil di Liga Champions Asia sebanyak 10 kali.

China Super League menyisakkan dua pertandingan lagi. Namun telah dipastikan kalau Guangzhou Evergrande keluar sebagai kampiun dengan membukuna 64 poin. Berbeda sembilan poin dari urutan kedua.

© Internet
Zeng Cheng Copyright: InternetZeng Cheng

Klub yang berdiri tahun 1993 itu sukses menjuarai Liga Super Cina sebanyak tujuh kali beruntun, dua kali jadi juara Piala FA China, tiga kali merengkuh gelar Piala Super China, dan merebut titel Liga Champions Asia sebanyak dua kali.

Dari deretan trofi yang dikoleksi Guangzhou, Zeng Cheng berjasa atas sembilan diantaranya. 

Sekadar informasi Zeng Cheng pernah direkrut Green Force dengan status pinjaman dari klub Wuhan Guanggu pada tahun 2005. Saat itu Cheng berusia 18 tahun dan langsung dipercaya mengawal gawang Bajul Ijo.

Performa apiknya membuat Cheng menjadi idola bagi para Bonek. Selain itu karena wajahnya yang ganteng dan sikapnya yang ramah membuat Bonita (Bonek Wanita) banyak yang menaruh hati padanya.

Selain itu pada pertandingan antara Guangzhou Evergrande melawan Guizhou Zhicheng di pekan ke-28 Liga Super China, Carlo Ancelotti terlihat menghadiri laga tersebut. Hal itu mengindikasikan kalau Don Carlo akan melabuhkan karier kepelatihannya di Liga China.

1.7K