Liga 1 Indonesia

Tak Lolos Verifikasi AFC, PSM Makassar Langsung Lempar Respons

Kamis, 26 Oktober 2017 15:29 WIB
Kontributor: Basri | Editor: Rizky Pratama Putra
© Muhammad Nur Basri/INDOSPORT
Media Officer PSM Makassar, Andi Widya Syadzwina. Copyright: © Muhammad Nur Basri/INDOSPORT
Media Officer PSM Makassar, Andi Widya Syadzwina.

Manajemen PSM Makassar langsung merespons hasil sidang Komite Lisensi klub PSSI yang menyatakan tim Juku Eja tidak lolos verifikasi klub professional sesuai standar AFC. Seperti diketahui hanya Persib Bandung dan Arema FC yang dinyatakan lolos verifikasi. 

Media Officer PSM, Andi Widya Syadzwina membenarkan bahwa pihaknya telah menerima Surat Keputusan (SK) dari  PSSI dan dipersilahkan untuk melakukan banding terkait hasil keputusan Komite Lisensi Klub PSSI. 

© Muhammad Nur basri/Indosport.com
Respon PSM Makassar setelah diyatakan Tak Lolos Verivikasi AFC Copyright: Muhammad Nur basri/Indosport.comRespon PSM Makassar setelah diyatakan tak lolos verifikasi AFC

"PSM telah menerima SK (Surat Keputusan) dari PSSI terkait penolakan permohonan lisensi klub. Di surat tersebut oleh Club Licensing Committee, PSM dipersilakan untuk melakukan banding terhadap keputusan itu," kata Wina, sapaan akrabnya, dalam rilis yang diterima INDOSPORT.

Wina menuturkan, sebelumnya telah melakukan pertemuan dengan PSSI membahas soal syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan Lisensi klub professional standar AFC. Akan tetapi dari  33 syarat wajib dikatakan masih ada 20 persen yang belum diselesaikan. 

"Seperti yang pernah kami sampaikan dirilis sebelumnya, dari 33 syarat wajib,  masih ada dokumen yang belum di-submit ke sistem kurang lebih 20 persen dan ini yang kami lengkapi disisa waktu yang diberikan, " tuturnya. 

© Muhammad Nur basri/Indosport.com
Respon PSM Makassar setelah diyatakan Tak Lolos Verivikasi AFC Copyright: Muhammad Nur basri/Indosport.comRespons PSM Makassar setelah diyatakan tak lolos verifikasi AFC

Lanjut Wina, dalam pengiputan data olh tim licensing PSM Makassar meengalami mis-komunikasi dalam memahami syarat. Hal inilah yang mengakibatkan ada beberapa kriteria yang masuk kategori wajib mendapat penolakan. 

"Namun sepertinya dalam memahami beberapa syarat ada mis-komunikasi sehingga Team Club Licensing PSM mungkin tidak tepat dalam melakukan penginputan data. Sehingga terjadi penolakan dibeberapa kriteria yang masuk kategori wajib," lanjutnya.  

Olehnya itu, manajemen PSM Makassar langsung merespon penolakan tersebut dengan melayangkan surat banding untuk melakukan komunikasi lebih lanjut dengan PSSI. 

"Saat ini langkah yang diambil manajemen yaitu mengirimkan surat banding dan melakukan komunikasi dengan PSSI. Kita tunggu saja progres selanjutnya dari surat banding yang telah kami kirimkan," pungkasnya. 

Tak lolosnya PSM Makassar untuk verifikasi klub AFC membuat mereka terancam tak bisa mengikuti Liga Champions Asia musim depan. Padahal, saat ini anak asuh Robert Rene Alberts tersebut sangat berpeluang untuk menjadi kampiun Liga 1 musim ini.

752