LIGA 1

Borneo FC 1-2 Persija: Sudah Siap, Persib Bandung?

Sabtu, 28 Oktober 2017 20:56 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Agus Dwi Witono
 Copyright:

Unggul lebih dulu, Borneo FC tumbang 1-2 atas tamunya Persija Jakarta, Sabtu (28/10/17) di Stadion Segiri, Samarinda. Bambang Pamungkas mencetak satu gol dan satu assist untuk membawa Macan Kemayoran mendapatkan kepercayaan diri tinggi sebelum menghadapi Persib Bandung pada pertandingan berikutnya.

Babak Pertama

Pertandingan berlangsung seru sejak kick off babak pertama dimulai. Borneo FC memilik peluang di menit ke-8. Namun sayang, tendangan Asri Akbar masih melambung di atas mistar gawang Persija yang dijaga Rizky Darmawan.

Macan Kemayoran, julukan Persija, masih tertekan di menit-menit awal. Pesut Etam, sebutan Borneo FC, punya peluang saat tendangan Matheus Lopes di menit ke-21 membentur mistar gawang. Bola muntah kemudian ditanduk oleh Sultan Samma. Namun, sundulannya masih tipis di kiri gawang Persija yang sudah tidak terjaga karena Rizky telah keluar dari areanya.

Persija ganti menyerang. Novri Setiawan sedikit egois saat Bambang Pamungkas dan Bruno Lopes telah berdiri bebas. Novri memilih menendang langsung yang malah melebar. Kejadian itu berlangsung pada menit ke-22.

© Herry ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi para pemain Persija Jakarta atas gol yang dicetak oleh Bambang Pamungkas. Copyright: Herry ibrahim/INDOSPORTSelebrasi para pemain Persija Jakarta atas gol yang dicetak oleh Bambang Pamungkas.

Penyerang Borneo FC, Lerby Eliandry memiliki kesempatan pada menit ke-33. Berawal dari umpan Terens Puhiri, sundulannya masih melebar. Pesut Etam masih tertahan.

Memasuki menit ke 35, terjadi skrimit di depan gawang Persija. Bola liar hasil dari tendangan bebas Flavio Beck Junior membentur tiang. Dari tayangan ulang, bola sudah melewati garis gawang saat ditangkap Rizky. Namun, wasit Timur Faizullin tidak mengesahkan menjadi gol untuk Pesut Etam.

Tuan rumah kembali mendapatkan peluang. Berawal dari umpan Abdurrahman, sundulan Terens menyamping tipis dari gawang Rizky.

Wasit Timur Faizullin meniup peluit babak pertama selesai. Kedua tim masih bermain dengan skor kacamata.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, bola lebih banyak berkutat di lapangan tengah. Alhasil, belum ada peluang dari kedua tim yang tercipta.

Mamayo! Kubu tuan rumah bersorak saat Sultan Samma berhasil menggetarkan gawang Macan Kemayoran di menit ke-50. Mengelabui Muhammad Hargianto, tendangan Sultan sempat membentur Novri Setiawan sehingga membuat kiper Rizky terkecoh.

Usai kebobolan, Macan Kemayoran tersentak. Ramdani Lestaluhu berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-76. Bermula dari umpan silang Michael Orah, Bambang Pamungkas mengirimkan bola udara ke Ramdani. Dan, booom! Ramdani menyambutnya dengan tendangan keras. 

© Herry ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi striker Persija, Bambang Pamungkas usai mencetak gol ke gawang Semen Padang. Herry ibrahim/INDOSPORT Copyright: Herry ibrahim/INDOSPORTSelebrasi striker Persija, Bambang Pamungkas usai mencetak gol ke gawang Semen Padang. Herry ibrahim/INDOSPORT

Persija berbalik unggul saat Bambang Pamungkas mencetak gol kedua untuk Persija di menit ke-81. Bepe, sapaan karibnya, menyundul bola umpan dari Hargianto. Persija comeback!

Tambahan waktu empat menit gagal dimanfaatkan pasukan Iwan Setiawan untuk menyamakan kedudukan. Hasil akhir 2-1 untuk kemenangan Persija tidak berubah.

Dengan hasil ini, Macan Kemayoran menggeser Madura United di peringkat kelima dengan 53 poin. Selanjutnya, armada Stefano Cugurra Teco akan menjamu Persib Bandung pada 3 November mendatang.

Susunan Pemain Borneo FC vs Persija Jakarta:

Borneo FC (4-2-3-1): Muhammad Ridho Dzajulie; Diego Michiels, Kunihiro Yamashita ©, Matheus Lopes, Abdurrahman; Asri Akbar, Flavio Beck Junior; Sultan Samma, Patrich Wanggai, Terens Puhiri; Lerby Eliandry.

Pelatih: Iwan Setiawan.

Persija (4-3-3): Rizky Darmawan; Novri Setiawan, Gunawan Dwi Cahyo, Ryuji Utomo, Michael Orah; Muhammad Hargianto, Rohit Chand, Fitra Ridwan; Rudi Widodo, Bambang Pamungkas ©, Bruno Lopes.

Pelatih: Stefano Cugurra Teco.

2.4K