LIGA PRIMER INGGRIS

Man United 1-0 Tottenham: Diselamatkan Anthony Martial

Sabtu, 28 Oktober 2017 20:44 WIB
Penulis: Juni Adi | Editor: Agus Dwi Witono
© Getty Images
Selebrasi Anthony Martial usai membobol gawang Tottenham. Copyright: © Getty Images
Selebrasi Anthony Martial usai membobol gawang Tottenham.

Babak Pertama

Laga baru dimulai, Man United langsung berinisiatif melakukan serangan. Peluang didapat United di menit ke-2 melalui Lukaku, yang bebas membawa bola ke dalam kotak penalti Spurs. Umpan tariknya untuk Rashford berhasil dipatahkan Lloris.

United mampu menguasai jalannya pertandingan hingga menit memasuki 15 menit pertama. Setan Merah tercatat beberapa kali memiliki peluang emas. Salah satunya melalui tendangan bebas Rashford yang mampu diblok Lloris.

Menumpuknya para pemain gelandang yang diterapkan kedua pelatih dalam strateginya, membuat pertandingan sempat berjalan cukup monoton. Karena bola lebih banyak berkutat di lini tengah.

Pada menit ke-27, De Gea sempat membuat blunder. Bola tangkapannya terlepas, beruntung bola liar yang jatuh ke pemain Spurs tendangannya masih melambung tinggi.

© Getty Images
Saat keributan antara Ashley Young dengan Dele Alli. Copyright: Getty ImagesSaat keributan antara Ashley Young dengan Dele Alli.

Panasnya suhu pertandingan, membuat para pemain dari kedua tim cenderung bermain kasar. Bahkan, Ashley Young sempat terlibat keributan kecil dengan Dele Alli di menit ke-30.

Peluang emas dimiliki Spurs lima menit jelang berakhirnya babak pertama. Sepakan voli Dier yang mengarah ke gawang mampu dijinakan oleh De Gea. Penyelesaian akhir yang kurang buruk, membuat membuat kedua tim gagal menciptakan gol di babak pertama, skor masih 0-0.

Babak Kedua

Babak kedua dimulai, kedua tim masih bermain sengit dan saling melakukan serangan. Serangan bertubi-tubi dilakukan barisan penyerang Setan Merah.

Pertandingan baru berjalan satu menit, skuat Setan Merah mampu menciptakan beberapa peluang emas di menit ke-54, melalui Lukaku dan Mkhitaryan. Namun, upaya keduanya mampu blok bek Spurs. 

Man United mendapat peluang melalui Valencia. Bola liar hasil tendangan pojok berhasil dikontrol dengan baik dan Valencia melanjutkannya dengan tendangan first time. Sayang, bola masih melambung tinggi meski mengarah ke gawang.

© Getty Images
Man United vs Tottenham Copyright: Getty ImagesAnder Herrera dan Cristian Eriksen.

Tak mau ditekan terus, Spurs mencoba membangun serangan. Hasilnya mereka nyaris membuka skor melalui Dele Alli. Sayang, bola sontekannya dari umpan Eriksen hanya menyamping di sisi kanan gawang De Gea.

Selang beberapa menit kemudian, Man United mempunyai peluang emas melalui sundulan Lukaku. Sayang, tandukan terarahnya membentur tiang gawang.

Setan Merah pun akhirnya berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-81. Berawal dari tendangan gawang yang dilakukan De Gea, bola dilanjutkan oleh Lukaku yang menyundulnya ke arah kotak penalti. Martial yang lepas dari pengawalan mampu menerima bola dan menceploskan ke gawang Lloris.

United nyaris menggandakan keunggulan di menit ke-90, andai Lingard yang sudah sendirian membawa bola bisa lebih tenang. Padahal dirinya tinggal berhadapan dengan Lloris, namun tendangannya malah melambung tinggi. Skor 1-0 bertahan hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.

Dengan kemenangan ini, United berhasil menjaga jarak dengan Spurs dan menempel Man City di papan klasemen. United bertengger di urutan kedua dengan 23 poin, sedangkan Spurs tertahan di urutan ketiga dengan 20 poin. 

Kemenangan ini juga memperpanjang rekor tak terkalahkan United saat bermain di kandang selama Liga Primer Inggris musim ini.

Susunan Pemain Kedua Tim:

Manchester United

De Gea; Bailly, Jones, Smalling; Valencia, Herrera, Matic, Young (94' Darmian), Mkhitaryan (65' Lingard); Rashford (69' Martial), Lukaku.

Tottenham Hotspur

Lloris; Aurier, Alderweireld, Vertonghen; Davies, Dier, Winks, Sissoko (62' Dembele), Eriksen; Dele, Son (62' Llorente).

3.7K