Umuh Merasakan Hal ini Saat Persib Bandung Menghadapi Mitra Kukar

Sabtu, 28 Oktober 2017 14:57 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Agus Dwi Witono
© Gita Agiet/INDOSPORT.
Manajer tim Persib Bandung, Umuh Muchtar. Copyright: © Gita Agiet/INDOSPORT.
Manajer tim Persib Bandung, Umuh Muchtar.

Persib Bandung mengakhiri puasa kemenangan pada pertandingan kandang Gojek Traveloka Liga 1 2017 setelah menaklukkan Mitra Kukar dengan skor 3-1 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jumat (27/10/17).

Manajer Persib, Umuh Muchtar, menuturkan sepanjang pertandingan ia merasa tegang. Apalagi saat tim tamu mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-70 melalui Marclei Cesar Chaves Santos. Padahal sebelumya tim berjuluk Maung Bandung ini sudah unggul lewat sepakan Febri Haryadi di menit 58.

© Arif Rahman/INDOSPORT
Duel udara pemain Persib Bandung melawan Mitra Kukar. Copyright: Arif Rahman/INDOSPORTDuel udara pemain Persib Bandung melawan Mitra Kukar.

Kecemasan akan kembali menuai hasil imbang pun mulai muncul. Pasalnya, selama delapan pertandingan beruntun tim kebanggaan Bobotoh ini gagal mengamankan poin penuh dan selalu bermain imbang pada enam laga dan dua laga lainnya berakhir dengan kekalahan. 

Setelah gol Mitra Kukar yang membuat hasil pertandingan menjadi imbang, manajer yang akrab disapa Pak Haji ini pergi meninggalkan bench dan langsung masuk ke ruang ganti untuk melaksanakan shalat Ashar. Usai shalat, ia berdoa memohon agar tim Maung Bandung bisa mengakhiri puasa kemenangan. 

"Bukan tegang lagi, beberapa menit lagi saya sujud di situ (kamar ganti). Saya sedikit emosi, saya keluar, saya menyerahkan sama Allah, sujud dan memohon kepada Allah. Cuma Allah yang akan memberikan jalan terbaik buat Persib," kata Umuh.

"Saya bilang, ya Allah jangan sampai dijatuhkan harkat derajat saya, juga keluarga kami, terutama Persib. (Mohon maaf ) bila ada kesalahan dan kekhilafan, itu saja," ungkap dia.

Persib akhirnya bisa mencetak gol kemenangan pada masa injury time melalui Achmad Jufriyanto. Tak lama berselang Raphael Maitimo memperbesar keunggulan Maung Bandung melalui tendangan penalti.

Kemenangan Persib ini menurut Umuh merupakan hasi kerja keras pemainnya. Karena pemain memiliki motivasi berlipat untuk mempersembahkan kemenangan bagi Bobotoh. 

"Motivasi dan kerja keras pemain jadi kunci kemenangan," tutup Pak Haji. 

134