"Politik Catalunya Tidak Pengaruhi Laga Girona vs Madrid"

Minggu, 29 Oktober 2017 13:35 WIB
Penulis: Frederica | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Prediksi Girona vs Real Madrid. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Prediksi Girona vs Real Madrid.

Situasi politik terkait kemerdekaan Catalunya hingga kini masih panas. Pasalnya, pada Jumat (27/10/17) waktu setempat, Parlemen Kota Catalunya telah mengumumkan kemerdekaan sepihak Catalunya.

Pasca deklarasi sepihak itu, Pemerintah Spanyol pun langsung membekukan status otonomi khusus Catalunya. Bahkan, Parlemen Catalunya sudah dibubarkan oleh Spanyol dan akan dilakukan pemilihan anggota baru pada Desember nanti, dikutip dari Tempo (29/10/17).

© INDOSPORT
Para masyarakat mendukung kemerdekaan Catalunya. Copyright: INDOSPORTPara masyarakat mendukung kemerdekaan Catalunya.

Panasnya situasi politik saat ini memang juga memberikan percikap api bagi dunia persepakbolaan. Banyak yang mempertanyakan status Barcelona, Espanyol, ataupun klub lain asal Catalunya terkait masa depan di La Liga Spanyol.

Namun, jika menilik sikap berbagai negara yang turut menolak kemerdekaan Catalunya itu, nampaknya wilayah itu masih akan tetap menjadi bagian dari Spanyol. Dengan begitu, klub-klub tersebut pun tentunya masih akan bisa berlaga di kompetisi tertinggi Tanah Spanyol itu.

© INDOSPORT
Catalunya. Copyright: INDOSPORTMasa depan klub asal Catalunya di La Liga Spanyol dipertanyakan.

Ada pun laga pertandingan terdekat pada pekan ke-10 La Liga Spanyol 2017/18, yang mana Girona akan menjamu Real Madrid pada Minggu (29/10/17) malam WIB, yang turut menjadi perhatian khusus dari banyak pihak. Sebab, Madrid akan bertandang ke markas tim yang berbasis di Catalunya.

Sebelumnya, pihak kepolisian setempat sudah memberikan pernyataan mengenai kemungkinan penundaan laga lantaran mempertimbangkan keamanan tim tamu. Namun nyatanya, kondisi politik Catalunya itu dikatakan tidak akan memengaruhi pertandingan tersebut, sebagaimana diberitakan Xinhua (28/10/17).

Presiden Girona, Delfi Geli dan juga Wali Kota Girona memastikan bahwa laga akan tetap berlangsung sebagaimana mestinya. Pihak klub pun turut mengumbar bahwa sudah siap menyambut salah satu tim terbaik di dunia.

"Pertandingan akan menjadi perayaan sepakbola," ucapnya meyakinkan.

© Mundo Deportivo
Presiden Girona, Delfi Geli. Copyright: Mundo DeportivoPresiden Girona, Delfi Geli.

Sedikit informasi, El Real sendiri saat ini berada di papan atas klasemen sementara yakni di peringkat tiga dengan torehan 20 poin. Sementara Blanquivermell berada di papan bawah dengan baru mengumpulkan sembilan poin.

106