FIFA Ingin Ubah Format Peserta Piala Dunia Antarklub

Selasa, 31 Oktober 2017 17:35 WIB
Penulis: Frederica | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INDOSPORT
Trofi Piala Dunia Antarklub. Copyright: © INDOSPORT
Trofi Piala Dunia Antarklub.

Federasi Sepakbola Internasional atau FIFA diketahui ingin menjajaki kemungkinan perluasan tim yang bisa berlaga di Piala Dunia Antarklub. Sebagaimana diketahui, kompetisi yang dimulai pada 2000 lalu itu biasanya diikuti oleh tujuh tim dari berbagai negara.

Namun kini, menurut laporan dari ESPNFC (31/10/17), FIFA ingin memperbanyak peserta menjadi 24 tim pada Juni 2021 mendatang. Konsepnya ialah 24 tim akan terbagi ke dalam tiga kelompok, yang mana masing-masing kelompok terdiri dari delapan tim. Sementara itu, pertandingan akan dimainkan selama 18 hari lamanya.

Menurut laporan, proposal perubahan konsep tersebut sudah dibahas dalam sebuah pertemuan yang berlangsung di India pada minggu lalu. Hanya saja, baru diungkapkan pada Senin waktu setempat oleh anggota dewan FIFA, Reinhard Grindel.

© goal.com
Logo resmi FIFA. Copyright: goal.comLogo resmi FIFA.

Sementara itu, Grindel yang juga merupakan Presiden Asosiasi Sepakbola Jerman memberikan respons terhadap pengajuan proposal itu. Pria berusia 56 tahun tersebut mengutarakan lewat laman Facebook miliknya bahwa dirinya menentang rencana perubahan sistem kompetisi Piala Dunia Antarklub itu. Baginya, para pemain membutuhkan waktu untuk beristirahat, dilansir USA Today (30/10/17).

Namun, keputusan mengenai rencana perubahan sistem kompetisi itu belum sampai pada tahap akhir. Diberitakan bahwa akan ada pertemuan dewan FIFA yang dilaksanakan pada Maret 2018 mendatang untuk kembali membahas rencana perubahan Piala Dunia Antarklub itu.

© INDOSPORT
Real Madrid memenangi trofi Piala Dunia Antarklub 2016. Copyright: INDOSPORTReal Madrid memenangi trofi Piala Dunia Antarklub 2016.

Sedikit informasi, Piala Dunia Antarklub 2017 sendiri baru akan berlangsung pada Desember 2017 nanti. Baru ada empat tim dari tujuh tim yang berlaga di kompetisi itu, yakni Real Madrid, Pachuca, Auckland City, dan juga Al-Jazira. Sementara tiga tim lain masih menunggu hasil dari pemenang Copa Libertadores 2017, Liga Champions AFC 2017, dan Liga Champions CAF 2017.

561