Bukan WNI, Pemain Ini Bantu Timnas U-19 Raih Tiga Poin di AFC U-19

Kamis, 2 November 2017 19:41 WIB
Editor: Galih Prasetyo
© borneobulletin.com
Gelandang Brunei darussalam, Abdul Hariz bin Herman (kanan) Copyright: © borneobulletin.com
Gelandang Brunei darussalam, Abdul Hariz bin Herman (kanan)

Timnas Indonesia U-19 sukses membuka laga Kualifikasi Piala Asia U-19 2018 dengan kemenangan telak 5-0 atas Brunei Darussalam. Dalam kemenangan ini, bukan hanya pemain Indonesia saja yang mencetak angka. Salah satu pemain Brunei Darussalam ikut ambil bagian dalam kemenangan perdana Indonesia pada ajang tersebut.

Adalah Abdul Hariz Bin Herman yang membantu Indonesia bermain lebih nyaman. Pemain bernomor punggung 16 tersebut, ikut mencatatkan namanya di papan skor. Hal itu bermula ketika dirinya salah mengantisipasi bola sundulan Asnawi Mangkualam Bahar di penghujung babak pertama.

Bola yang mengarah kepadanya, malah masuk ke dalam gawang dan berbuah gol untuk kubu sang lawan. Melihat kondisi ini pun, Hariz langsung menutup mukanya dengan rasa kekecawaan yang mendalam.

Padahal jika dirinya tak menyundul bola, kiper Mutalip bisa mengantisipasi sundulan Asnawi dengan mudah. Namun reflek cepat yang dilakukan Hariz malah membuat petaka bagi Timnas Brunei Darussalam.

Gol ini tentu menjadi modal kuat bagi Indonesia untuk memulai babak kedua. Terbukti, Indonesia bermain tanpa beban di interval kedua dan memaksa Brunei pulang tanpa poin.

© Twitter@pssi__fai
Indonesia U19 vs Brunei U19 Copyright: Twitter@pssi__faiIndonesia U19 vs Brunei U19.

Hariz sendiri sudah lama bergabung bersama Timnas Brunei sejak Kualifikasi Piala Asia 2016 silam. Ia hanya diberi kesempatan bermain di dua pertandingan terakhir, yakni kontra Vietnam (2/10/15) dan Hong Kong (6/10/15). Namun dirinya gagal memberikan satu gol pun untuk negaranya tersebut.

Pada ajang tersebut, Brunei menjadi juru kunci Grup F tanpa meraih poin satu pun. Bahkan, mereka selalu tumbang dengan kebobolan lebih dari tiga gol.

Pada Kualifikasi Piala Asia U-19 2018 kali ini, Hariz mendapatkan kepercayaan di tempat utama lini serang Brunei Darussalam. Tercatat, ia melakoni dua kali pertandingan dan bermain selama 90 menit.  Sama seperti sebelumnya, dirinya masih belum bisa menyumbangkan gol untuk Brunei pada ajang tersebut.

Penulis: Rafif Rahedian. 

806