Liga 1 Indonesia

Persib Bandung Dinilai Dicurangi untuk Kali Ketiga Musim Ini

Jumat, 3 November 2017 20:02 WIB
Editor: Joko Sedayu
© Arief R/INDOSPORT
Skuat Persib Bandung di laga melawan Bhayangkara FC. Copyright: © Arief R/INDOSPORT
Skuat Persib Bandung di laga melawan Bhayangkara FC.

Persib Bandung baru saja menyudahi pertandingan kontra Persija Jakarta di Stadion Manahan Solo. Laga tersebut berjalan penuh dengan kontroversial yang dilakukan wasit asal Australia, Shaun Robert Evans.

Salah satunya adalah tidak mengesahkan gol yang dilakukan Ezechiel N’Douassel pada menit ke-28. Dari tayangan ulang, jelas bahwa tandukan Ezechiel itu sudah menyentuh jaring gawang Persija.

Dalam laga tersebut, Persib menyatakan mundur dari pertandingan pecan ke-33 Liga 1 ini. Maung Bandung merasa banyak dirugikan dengan keputusan wasit yang terlihat lebih memihak Persija. Laga ini pun menambah daftar kecurangan yang dialami Persib selama gelaran Liga 1.

Pasalnya, kecurangan ini bukan kali pertama yang menimpa klub asal Bandung tersebut. Pangeran Biru juga pernah dirugikan dengan keputusan wasit sebanyak tiga kali di Liga 1 musim ini (termasuk melawan Persija).

Pada bulan lalu, Persib menuai banyak kerugian saat menghadapi Persiba Balikpapan, di Stadion Batakan, Minggu (01/10/17). Kala itu Persib yang mampu unggul lebih dulu, menyelesaikan permainan dengan hasil imbang 2-2.

Jalannya pertandingan kala itu dianggap banyak merugikan untuk kubu Persib. Agus Fauzan Arifin, yang saat itu memimpin laga, dianggap melakukan sebuah keputusan yang merugikan Persib.

Salah satu keputusan fatalnya adalah saat pemain belakang Persiba, Fengky Turnando, melakukan handball di area kotak penalti. Bukannya memberikan hadiah penalti, Agus malah mempersilahkan tim tuan rumah untuk mengambil tendangan bebas.

© twitter@persib
Persib Bandung vs PS TNI Copyright: twitter@persibPersib Bandung vs PS TNI

Jauh sebelum laga ini, Persib juga sempat mengalami pahitnya keputusan wasit di atas lapangan. Hal ini terjadi ketika Persib menghadapi PS TNI di Stadion Pakansari, pada 22 April 2017 lalu.

Pada laga itu, wasit tidak mengesahkan gol Michael Essien, yang berada dalam posisi onside. Namun wasit menganggap bahwa Essien tengah berada dalam posisi offside. Ini jelas merugikan Persib.

"Lawan PS TNI, kami pun merasa dirugikan. Karena saat gol kedua dari mereka itu offside. Sedangkan, gol Essien yang tak offside malah dibilang offside," kata kapten Persib, Atep, beberapa waktu lalu.

Melihat kondisi ini, PSSI melalui Komite Wasit pun bersikap tegas dengan merumahkan 21 perangkat pertandingan, termasuk asisten wasit berinisial EW. Ini merupakan awal PSSI memanggil wasit asing untuk memimpin laga Liga 1.

Penulis: Rafif Rahedian